ANALISIS HUBUNGAN JENIS MEDIA MASSA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL : Pada Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Jurusan Agidah Filsafat IAIN Sunan Ampel Surabaya

M. Asnawi Sabil, 090114383 (2007) ANALISIS HUBUNGAN JENIS MEDIA MASSA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL : Pada Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Jurusan Agidah Filsafat IAIN Sunan Ampel Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-sabilmasna-819-tps28-06.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ketika komprehensi ilmiah tentang kecerdasan emosional dirilis Daniel Goleman pada tahun 1995, muncul paradigma baru di dalam lingkungan pendidikan tentang kecerdasan. Di satu sisi, emosi yang sebelumnya dipandang sebagai masalah individual dan tidak ada kaitan dengan nalar, berhasil dibuktikan peran pentingnya dalam proses hubungan perilaku dan otak. Kecerdasan emosional mencakup pengendalian diri, semangat, ketekunan, kemampuan memotivasi diri, bertahan menghadapi frustrasi, kesanggupan mengendalikan dorongan hati, kemampuan menyelesaikan konflik, serta kemampuan memimpin. Media massa, di sisi lain, merupakan `lokasi' yang berperan menampilkan peristiwa-peristiwa kehidupan, sebagai wahana masyarakat. Osgood, et.al (1957) yang dikutip Fulton (1970) menjelaskan bahwa citra yang dibangun media massa dapat dideskripsikan menjadi tiga ukuran yang independen, yaitu: evaluasi, potensi, dan aktivitas. Jenis media massa telah menjadi sumber dominan bagi individu maupun masyarakat untuk memperolch gambaran dan citra diri. Media massa memiliki peran transformatif dan menjadi piranti pendidikan yang efektif Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara jenis media massa dengan kecerdasan emosional mahasiswa Jurusan Aqidah Filfasat Fakultas Usluluddin lAIN Sunan Ampel Surabaya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS 28/06 Sab a
Uncontrolled Keywords: INTELLIGENCE LEVELS IN MASS MEDIA
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
M. Asnawi Sabil, 090114383UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHariadi Soeparto, Dr.,DOR.,M.Sc.,APUUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 23 Mar 2006 12:00
Last Modified: 10 Oct 2016 04:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28956
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item