PENGEMBANGAN MODEL PEMBINAAN ANAK JALANAN MELALUI RUMAH SINGGAH DI JAWA TIMUR

DWI ASTUTIK (2005) PENGEMBANGAN MODEL PEMBINAAN ANAK JALANAN MELALUI RUMAH SINGGAH DI JAWA TIMUR. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak dwi ...pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keberadaan anak jalanan semakin marak semenjak krisis moneter berlangsung pada tahun 1997, ditambah dengan terungkapnya kasus KKN. Hal ini berdampak pada tingginya nilai jual kebutuhan pokok, banyak orang di PHK, masalah pengangguran tak terelakkan, karena kondisi ekonomi tidak stabil-tidak diragukan lagi bermunculan kasus perceraian, dan sebagainya. Kondisi ini semakin terpuruk dengan terjadinya bencana alam dan kasus pengungsi akibat perang antar suku. Semuanya berakibat buruk pada nasib anak. Banyak anak yatim, yatim piatu, keterlantaran, kekerasan, eksploitasi anak di bidang ekonomi dan bahkan pelecehan seksual terhadap anak perempuan, sodomi dan masih banyak perlakuan salah lainnya yang menimpa pada anak-anak. Kondisi ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia tidak hanya mengalami masalah krisis ekonomi saja akan tetapi lebih buruk lagi mengalami masalah krisis moral. Di Jawa Timur, jumlah penduduk tahun 2003 sekitar 36 juta jiwa yang memiliki jumlah harapan hidup 69,67 tahun; tingkat pendidikan 70,02 %; tingkat daya beli 51,59 % dan tingkat indek pembangunan manusia 63,66%. Terhitung diantara daerah yang jumlah anak jalanan terbesar di Indonesia, yakni tahun 2003 terdata 6049 anak jalanan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKB KK-2 TPS 19/05 Ast p file fulltext tidak ada
Uncontrolled Keywords: STREET CHILDREN; SHELTERS FOR THE HOMELESS
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT201-221 City population Including children in cities, immigration
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM
DWI ASTUTIKUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuryantoUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 27 Jul 2005 12:00
Last Modified: 10 Oct 2016 04:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28959
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item