PENGEMBANGAN MODEL PELAYANAN HAJI DEPARTEMEN AGAMA BERDASARKAN PRINSIP REINVENTING GOVERNMENT YANG BERORIENTASI PADA PELANGGAN DI KABUPATEN GRESIK

Nur Hasyim, 090210383 (2004) PENGEMBANGAN MODEL PELAYANAN HAJI DEPARTEMEN AGAMA BERDASARKAN PRINSIP REINVENTING GOVERNMENT YANG BERORIENTASI PADA PELANGGAN DI KABUPATEN GRESIK. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-hasyimnur-480-tps540-k.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-hasyimnur-480-tps_54_05.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tuntutan masyarakat terhadap transparansi pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah akhir-akhir ini semakin marak dengan dukungan media yang begitu besar. Pelayanan haji yang dilakukan oleh pemerintah tidaklah luput dari tuntutan masyarakat untuk meningkatkan pelayanan. Dibatalkannya calon jamaah haji Indonesia 29.974 orang untuk melaksanakan haji menjadi titik kulminasi tuntutan masyarakat dalam memberikan pola layanan yang disesuaikan dengan kehendak pelanggan (Kompas, 27-12-2003), di mana sebelumnya tidak pemah tersentuh untuk membuka maupun protes jamaah terhadap kekurangan maupun problem yang dihadapi oleh jamaah haji itu sendiri. Hal ini disebabkan persepsi jamaah haji tentang apa yang diterima layanan sering disandarkan pada takdir yang harus diterima dan merupakan peringatan bagi jamaah walaupun sebenarnya adalah masalah manajemen pengelolaan pelayanan publik. Reinventing government memberikan arahan yang seharusnya dicoba oleh pemerintah untuk menjadikan visi layanan terhadap masyarakat, dalam hal ini lewat Departemen Agama Layanan haji kepada jamaah perlu menempatkan jamaah sebagai misi yang harus diletakkan pada posisi yang sebenamya. Berdasarkan latar belakang di atas maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pelayan jamaah haji yang sesuai dengan prinsip Reinventing government yang berorientasi pada pelanggan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS 54/05 Has p
Uncontrolled Keywords: CUSTOMER SERVICES ; CIVIL SERVICE
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3440-3460 Civil service. Government officials and employees
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
Nur Hasyim, 090210383UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSunarjo, Dr.,MS.,M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 21 Feb 2006 12:00
Last Modified: 10 Oct 2016 04:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28967
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item