ANALISIS SECARA MAKROANATOMI DAN MIKROANATOMI PADA GONAD IKAN PUSO (Harpadon nehereus) YANG DITANGKAP DI PERAIRAN UJUNG PANGKAH DAN PERAIRAN WERU, JAWA TIMUR

MERDEKA AGUS SAPUTRA, 141111008 (2015) ANALISIS SECARA MAKROANATOMI DAN MIKROANATOMI PADA GONAD IKAN PUSO (Harpadon nehereus) YANG DITANGKAP DI PERAIRAN UJUNG PANGKAH DAN PERAIRAN WERU, JAWA TIMUR. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Survei langsung yang dilakukan pada bulan September menunjukkan bahwa ikan puso merupakan salah satu ikan yang menjadi hasil tangkapan di Perairan Ujung Pangkah dan Perairan Weru. Larangan penangkapan ikan di breeding ground (daerah memijah) dan spawning ground (daerah bertelur) merupakan upaya untuk mencegah terjadinya penangkapan berlebihan (over exploitation). Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukannya studi aspek reproduksi ikan puso secara makroanatomi dan mikroanatomi agar dapat dijadikan sebagai dasar untuk mengelola dan mengembangkan ikan puso, sehingga ikan tersebut dapat dipertahankan keberadaanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek reproduksi dan tahap perkembangan gonad ikan puso secara makroanatomi dan mikroanatomi pada Perairan Ujung Pangkah dan Perairan Weru. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif, pada penelitian dibuat deskripsi tentang aspek reproduksi pada gonad ikan puso secara makroanatomi dan mikroanatomi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek reproduksi pada gonad ikan puso dari Perairan Ujung Pangkah dan Perairan Weru secara makroanatomi dan mikroanatomi meliputi tahap maturing terjadi pada pada kisaran panjang 28,6-31 cm, tahap mature terjadi pada kisaran panjang 26,1-27,2 cm dan tahap resting terjadi pada panjang 30,5 cm.Tahap perkembangan gonad ikan puso secara makroanatomi pada Perairan Ujung Pangkah dan Perairan Weru meliputi TKG I, TKG II menuju TKG III dan TKG III, sedangkan tahap perkembangan gonad ikan puso secara mikroanatomi pada Perairan Ujung Pangkah dan Perairan Weru meliputi tahap TKG II, TKG III dan TKG V.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKC KK AI.PK.BP.27/15 Sap a
Uncontrolled Keywords: bombay duck fish, macroscopical, microscopical, maturity rate.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Artikel Ilmiah
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MERDEKA AGUS SAPUTRA, 141111008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorLaksmi Sulmartiwi,, Dr. S.Pi., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 19 May 2015 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 04:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28977
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item