PROFIL WILAYAH KECAMATAN (Studi tentang kesiapan wilayah kecamatan dalam pelaksanaan otonomi daeran di Kecamatan Benjeng Gresik)

Eko Supeno, Drs (2004) PROFIL WILAYAH KECAMATAN (Studi tentang kesiapan wilayah kecamatan dalam pelaksanaan otonomi daeran di Kecamatan Benjeng Gresik). Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (271kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan profil wilayah kecamatan, dalam faktor sumber daya manusia yang tekat dengan potensi masyarakat dalam wujud partisipasi serta faktor sarana dan prasarana yang tersedia, sebagai faktual kesiapan wilayah pinggiran dalam melaksanakan otonomi daerah yang harus juga dituntut untuk lebih mandiri. Secara praktis tujuan penelitian ini adalah memberikan masukan bagi pemerintah daerah, sebagai wilayah penelitian, untuk melihat secara riil tentang kesiapan wilayahnya, khususnya yang berada pada wilajah pinggiran atau second line dalam melaksanakan otonomi daerah. Permasalahan yang hendak diangkat adalah dalam bagaimana profil wilayah kecamatan kawasan pinggiran pemerintah kabupaten di dalam menyambut pelaksanaan otonomi daerah? .' Penelitian ini adalah penelitian diskriptif yaitu hendak mengambarkan profil dan potensi dan peluang yang bisa dikembangkan yang ada dalam masyarakat lokasi penelitian, yaitu Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik, tanpa bermaksud untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau dokumenter maka data primer penelitian ini adalah dokumentasi yang tercatat pada institusi yang di lokasi penelitian. Untuk menunjang hasil analisa penggalian data juga akan digali lewat observasi di lapangan dengan melihat secara langsung berbagai potensi yang telah dikembangkan di tengah-tengah masyarakat. Teknik analisa dilakukan secara kualitatif dikriptif yaitu membaca temuan data didasarkan pada fakta-fakta yang muncul di lapangan dengan tidak bermaksud mencari makna dibalik fakta tersebut tetapi menyajikan fakta tersebut secara dokumentasi. . Hasil penelitian menunjukkan Kecamatan Benjeng, faktor sumber daya manusia yaitu unsur masyarakat dan aparat pemerintah desanya masih kurang mendukung pelaksanaan otonomi daerah sedang unsur aparatur pemerintah kecamatan relatif bisa diandalkan. Sedang faktor sarana dan prasarana yang dimiliki Kecamatan Benjeng relatif dapat diandalkan mendukung kebijakan otonomi daerah hingga tingkat kecamatan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: LP
Uncontrolled Keywords: Kecamatan Gresik
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Eko Supeno, DrsUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 19 Oct 2004 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 07:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28992
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item