PREFERENSI KONSUMEN GULA PASIR TERHADAP PRODUK, HARGA, PROMOSI,DAN DISTRIBUSI DI TOKO,MINIMARKET, DAN AGEN UNTUK MENGHASILKAN PRODUK GULA BARU DI PTPN XI

AMARULLAH SOFA, 041141055 (2015) PREFERENSI KONSUMEN GULA PASIR TERHADAP PRODUK, HARGA, PROMOSI,DAN DISTRIBUSI DI TOKO,MINIMARKET, DAN AGEN UNTUK MENGHASILKAN PRODUK GULA BARU DI PTPN XI. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s2-2015-sofaamarul-36353-4.abstr-k.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT Perkebunan Nusantara XI adalah Badan Usaha Milik Negara agribisnis perkebunan dengan core business gula yang tidak akan lepas dari mencari keuntungan optimal. Sistem distribusi gula pasir di PTPN XI begantung pada regulasi sistem tender yang berdampak kurang maksimalnya keuntungan bagi pihak PTPN XI.Tujuh Samurai di daerah Jawa yang bertindak sebagai pelaku tender. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi penting dan stimulus pada PTPN XI yang masih bergantung pada Tujuh Samurai, agar dapat menjual produk gula baru secara langsung ke konsumen sehingga keuntungan yang dihasilkan lebih tinggi.Tujuan penelitian ini 1) mendeskripsikan bauran gula pasir yang penting menurut konsumen yang didasarkan elemen produk, harga, promosi, dan distribusi dalam konsep Business to Business toko dan agen; 2)mendeskripsikan karakteristik produk gula pasir baru yang diinginkan oleh konsumen ditinjau dari elemen produk, harga, promosi, dan distribusi. Untuk mengetahui keinginan konsumen itu peneliti melakukan survei kepada agen dan toko (tradisional dan modern). Sasaran tersebut dipilih karena mereka (agen dan toko) yang lebih mengetahui keinginan konsumen tentang gula. Hasil penelitian ini adalah 1) preferensi konsumen terhadap bauran produk, harga, promosi, dan distribusi pada toko, minimarket, dan agen yaitu:a) bauran produk sangat penting menurut konsumen gula pasir di toko, minimarket, dan agen; b) bauran harga, promosi, dan distribusi sangat penting menurut konsumen gula pasir di toko dan agen; 2) karakteristik umum gula baru yang diinginkan konsumen adalah: a) bauran produk, konsumen lebih menyukai merek gula menggunakan bahasa Indonesia, warna kristal gula putih bening, dan tidak berbau; b) bauran harga, konsumen menyukai diskon dan bonus diberikan pada transaksi pada jumlah yang banyak serta harga berubah menyesuaikan ukuran per kemasan; c) bauran promosi, sosial media yang mudah ditemukan dan disukai pelanggan adalah facebook; d) bauran distribusi, pemasaran tradisional yang disukai konsumen adalah toko dan agen serta retail modern yang disukai pelanggan adalah minimarket. Distribusi gula secara langsung dari PTPN XI disukai pada minimarket dan agen. Sedangkan distribusi sacara tidak langsung (melalui agen) adalah toko tradisional.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSM 10/15 Sof p
Uncontrolled Keywords: PRODUCT;QUALITY STANDARDS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AMARULLAH SOFA, 041141055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBAdri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: hari
Date Deposited: 10 Mar 2015 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 04:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28999
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item