EFEKTIFITAS PEER-ASSISTED LEARNING SRATEGIES (PALS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK KELAS III SEKOLAH DASAR

Deasy Christia Sera, 111314253007 (2016) EFEKTIFITAS PEER-ASSISTED LEARNING SRATEGIES (PALS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK KELAS III SEKOLAH DASAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
TESIS DEASY CHRISTIA SERA_Part14.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
TESIS DEASY CHRISTIA SERA_Part15.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
TESIS DEASY CHRISTIA SERA_Part16.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
TESIS DEASY CHRISTIA SERA_Part17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
TESIS DEASY CHRISTIA SERA_Part18.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
TESIS DEASY CHRISTIA SERA_Part19.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
TESIS DEASY CHRISTIA SERA_Part20.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas Peer- Assisted Learning Srategies (PALS) dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelas III Sekolah Dasar. Membaca merupakan proses berbagai segi dimana pembaca harus mampu membaca kata-kata yang ada pada bacaan dengan kelancaran dan akurasi dan membangun makna yang lebih tinggi, hal ini sesuai dengan pendapat Lyons dalam Halberstan (2008). Kemampuan ini sebagai dasar seorang anak untuk dapat mengikuti proses belajar mengajar. PALS (Peer Assisted Learning Strategies) adalah metode pengajaran yang tidak mengikut sertakan guru dalam prosesnya. Dalam pembelajaran dibantu oleh rekan yang memiliki kemampuan lebih tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimental dan desain pretest-postest control group design. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 4 siswa kelas III yang dipilih sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala Informal Reading Inventroy (IRI). Uji validitas pada Informal Reading Inventroy (IRI) berdasarkan penilaian para ahli (judgement expert). Uji reliabilitas pemahaman membaca menggunakan Cronbach's Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian metode PALS (Peer Assisted Learning Strategies) tidak memiliki pengaruh untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III Sekolah Dasar. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji statistik yang dinyatakan dengan hasil uji Mann Whitney pada kelancaran membaca dengan nilai signifikansi adalah 0.121 > 0.05, pada pemahaman membaca nilai signifikansi adalah 0.221 > 0.05.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPSI.08/16 Ser e
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MEMBACA, PALS (Peer Assisted Learning Strategies), siswa kelas III Sekolah Dasar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Deasy Christia Sera, 111314253007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNUR AINY FARDANA N, Dr. M.Psi.PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2016 06:14
Last Modified: 17 Jul 2017 18:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29074
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item