PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK KOMERSIAL PADA PAKAN TERHADAP JUMLAH BAKTERI SALURAN PENCERNAAN DAN KELULUSHIDUPAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei)

FITHRIA TSANI YAUMIL HAJJI, 141111015 (2016) PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK KOMERSIAL PADA PAKAN TERHADAP JUMLAH BAKTERI SALURAN PENCERNAAN DAN KELULUSHIDUPAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
11. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
12. BAB III KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
13. BAB IV METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
14. BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
15. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Budidaya udang vaname (Litopenaeus vannamei) semakin diminati masyarakat karena memiliki keunggulan diantaranya konversi pakan yang rendah sehingga produktivitasnya tinggi. Upaya alternatif dalam meningkatkan produksi udang vaname dibutuhkan untuk mendapatkan hasil produksi tinggi dari kelulushidupan udang vaname yang tinggi. Pemberian probiotik menjadi salah satu alternatif dalam mendukung peningkatan produksi udang vaname melalui fungsinya sebagai imunologi, pencernaan dan mengurangi penyakit udang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemberian probiotik komersial pada pakan terhadap jumlah bakteri saluran pencernaan dan kelulushidupan udang vaname (L. vannamei). Metode penelitian adalah percobaan dengan Rancangan Acak Lengkap sebagai rancangan percobaan. Penelitian ini terdiri dari 10 perlakuan yaitu P0 (kontrol), P1 (A 5 ml/kg), P2 (A 10 ml/kg), P3 (A 15 ml/kg), P4 (B 5 ml/kg), P5 (B 10 ml/kg), P6 (B 15 ml/kg), P7 (C 5 ml/kg), P8 (C 10 ml/kg) dan P9 (C 15 ml/kg). Masing-masing perlakuan dilakukan ulangan sebanyak 3 kali. Probiotik A dengan kandungan bakteri Lactobacillus plantarum, Bacillus subtilis, Bacillus spp. dan Nitrosomonas europaea. Probiotik B Lactobacillus plantarum, B. licheniformis dan B. subtilis. Probiotik C Geobacillus sp., Lactobacillus sp., Nitrobacter sp. dan Nitrosomonas sp. dengan kepadatan sebanyak 106 CFU/ml. Parameter yang diamati meliputi jumlah bakteri saluran pencernaan, nilai kelulushidupan udang vaname dan kualitas air pemeliharaan (suhu, pH, salinitas, DO dan amoniak). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian probiotik mempengaruhi jumlah bakteri saluran pencernaan dan nilai kelulushidupan udang vaname. Jumlah bakteri saluran pencernaan tertinggi didapatkan P8 yaitu 147,5 x 107 CFU/ml dan terendah pada P1 1,6 x 107 CFU/ml. Seluruh perlakuan dengan pemberian probiotik menurunkan jumlah bakteri Vibrio saluran pencernaan pada akhir pemeliharaan, sedangkan jumlah bakteri Vibrio pada P0 (kontrol) mengalami peningkatan dibanding pada awal pemeliharaan. Nilai kelulushidupan (survival rate / SR) memberikan hasil yang berbeda nyata (P<0,05). Kualitas air yang diukur selama pemeliharaan antara lain suhu 25-30oC, pH 7,2-7,8, oksigen terlarut (DO) 4,3-7,7 mg/l, salinitas 15-18 ppt dan amoniak (NH3) 0,002-0,027.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 105 - 15 Haj p
Uncontrolled Keywords: Bacteria; Digestive Track;Survival Rate; White Shrimp (Litopenaeus vannamei)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH328-329 Fishery management. Fishery policy
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
FITHRIA TSANI YAUMIL HAJJI, 141111015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBoedi Setya Rahardja, Ir., MP.UNSPECIFIED
Thesis advisorWoro Hastuti Satyantini, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 14 Apr 2016 01:06
Last Modified: 14 Apr 2016 01:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29334
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item