PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK Sargassum sp. DENGAN PELARUT METANOL PADA PAKAN TERHADAP JUMLAH ERITROSIT DAN DIFFERENSIAL LEUKOSIT IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus)

FIRLY WALIANI RAHMA, 141111011 (2016) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK Sargassum sp. DENGAN PELARUT METANOL PADA PAKAN TERHADAP JUMLAH ERITROSIT DAN DIFFERENSIAL LEUKOSIT IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (944kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
12. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
13. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
14. BAB III KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
15. BAB IV METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
16. BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
17. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan lele merupakan ikan ekonomis penting. Dimana produksi ikan lele meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan produksi pada tahun 2010 hingga 2013 mencapai 47,22%. Namun yang menjadi kendala utama dalam keberhasilan produksi adalah adanya serangan penyakit. Langkah preventif dalam menanggulangi penyakit salah satunya adalah dengan cara peningkatan kekebalan tubuh ikan menggunakan senyawa alami. Salah satu bahan senyawa alami yang dapat digunakan sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh ikan yakni Vitamin C, iodin, tannin serta polisakarida dan turunannya seperti fucoidan yang ada di dalam Sargassum sp. Dengan pemberian ekstrak Sargassum sp. dalam pakan ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah eritrosit dan differensial leukosit (jumlah neutrofil, monosit dan limfosit) pada ikan lele dumbo (Clarias gariepinus)secara optimal sehingga dapat mengoptimalkan kekebalan tubuh ikan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 ulangan, yaitu 0 (K), 5 (A), 10 (B) dan 15 (C) g ekstrak / kg pakan . Pengambilan darah dilakukan setiap 7 hari sekali selama 21 hari pemberian pakan. Sargassum sp. diekstraksi dengan metode maserasi menggunakan pelarut metanol dimana hasil ekstraksi dicampurkan pada pakan. Hasil pengamatan terhadap darah ikan uji adalah penggunaan ekstrak Sargassum sp. yang dicampurkan pada pakan dengan dosis 5, 10 dan 15 g/kg pakan selama 21 hari memberikan pengaruh terhadap jumlah eritrosit dan prosentase limfosit darah ikan lele dumbo. Pada dosis C (15 g ekstrak / kg pakan) memberikan nilai eritrosit tertinggi di hari ke-21 yakni 16.84 ± 1.56 x 105 sel/mm3, Dan memberikan prosentase limfosit tertinggi di hari ke-21 dibandingkan perlakuan yang lainnya yaitu 86.00 ± 3.81 %. Namun pada uji lanjut perlakuan A, B dan C tidak terlihat perbedaan yang nyata antar perlakuan. Sedangkan dalam analisa statistik penambahan ekstrak tidak menunjukkan pengaruh nyata terhadap persentase neutrofil dan monosit dari darah ikan. Sehingga dapat dikatakan bahwa penambahan ekstrak Sargassum sp. dengan dosis 15 g ekstrak /kg pakan memberikan efektifitas (respon tanggap kebal ) paling optimal dibandingkan kedua dosis yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 113-15 Rah p
Uncontrolled Keywords: Extract Sargassum sp.; Methanol Solvent; Erythrocythes; Differential Leucocythes; African Catfish (Clarias gariepinus).
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH328-329 Fishery management. Fishery policy
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
FIRLY WALIANI RAHMA, 141111011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGunanti Mahasri, Dr., Ir., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorLaksmi Sulmartiwi, Dr., S.Pi., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 16 Apr 2016 06:53
Last Modified: 16 Apr 2016 06:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29422
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item