PERBEDAAN KADAR PROLAKTIN, OKSITOSIN DAN WAKTU PENGELUARAN ASI PADA IBU YANG MENERAPKAN INISIASI MENYUSU DINI (IMD) SELAMA LEBIH DAN KURANG DARI SATU JAM (Studi Kasus Pada Persalinan Sectio Caesarea)

UKE MAHARANI DEWI, 011314653012 (2016) PERBEDAAN KADAR PROLAKTIN, OKSITOSIN DAN WAKTU PENGELUARAN ASI PADA IBU YANG MENERAPKAN INISIASI MENYUSU DINI (IMD) SELAMA LEBIH DAN KURANG DARI SATU JAM (Studi Kasus Pada Persalinan Sectio Caesarea). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN .pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
16 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
17 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
20 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
21 BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VII)
22 BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
23 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
24 LAMPIRAN 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cakupan pemberian ASI ekslusif masih belum mencapai target yang diharapkan, sehingga berdampak pada peningkatan AKB. Upaya yang dapat dilakukan dalam penurunan AKB salah satunya adalah dengan melaksanakan Inisiasi Menyusu Dini (IMD). IMD yang dilaksanakan sesuai dengan tatalaksana dapat meningkatkan kadar prolaktin, oksitosin dan mempercepat waktu pengeluaran ASI, sehingga dapat mendorong keberhasilan pemberian ASI eksklusif. IMD pada persalinan dengan SC masih belum banyak diterapkan karena berbagai alasan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan kadar prolaktin dan oksitosin lebih tinggi serta waktu pengeluaran ASI lebih cepat pada ibu yang menerapkan IMD selama lebih dari satu jam daripada ibu yang menerapkan IMD kurang dari satu jam pada persalinan dengan SC. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 18 orang pada tiap kelompok yang terdiri dari 18 orang sebagai kelompok kontrol yaitu ibu yang menerapkan IMD selama lebih dari satu jam dan 18 orang sebagai kelompok kasus yaitu ibu yang menerapkan IMD selama kurang dari satu jam. Penelitian ini menggunakan uji Kolmogorov Smirnov untuk mengetahui normalitas ditribusi data dan uji t 2 sampel bebas untuk mengetahui beda variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai p pada kadar prolaktin adalah 0,8639 yang berarti tidak ada beda kadar prolaktin antara kelompok kontrol dan kelompok kasus, nilai p pada kadar oksitosin adalah 0,5188 yang berarti tidak ada beda kadar oksitosin antara kelompok kontrol dan kelompok kasus, sedangkan pada waktu pengeluaran ASI nilai p = 0,05678 yang berarti tidak ada beda waktu pengeluaran ASI antara kelompok kontrol dan kelompok kasus. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah tidak ada beda kadar prolaktin, oksitosin dan waktu pengeluaran ASI antara ibu yang menerapkan IMD selama lebih dan kurang dari satu jam pada persalinan dengan SC.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKR.01/16 Dew p
Uncontrolled Keywords: Inisiasi Menyusu Dini (IMD), kadar prolaktin, oksitosin, waktu pengeluaran air susu ibu (ASI), sectio caesarea
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG940-991 Maternal care. Prenatal care services
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsEmail
UKE MAHARANI DEWI, 011314653012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHermanto Tri Joewono, Dr. , dr., Sp.OG(K)UNSPECIFIED
ContributorIndra Yuliati, dr., Sp.OG(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 18 Apr 2016 05:45
Last Modified: 18 Apr 2016 05:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29472
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item