Cooperative Security: Studi Kasus Traktat Lombok antara Indonesia dan Australia

Taruna Rastra Sakti, 071324553005 (2016) Cooperative Security: Studi Kasus Traktat Lombok antara Indonesia dan Australia. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
12. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
13. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
14. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
15. BA IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
16. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (KESIMPULAN)
17 KESIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas cooperative security yang merupakan salah satu bentuk dari kerjasama keamanan. Efektivitas cooperative security dalam penelitian ini dilihat dengan mengkaji kasus Kerjasama Kerangka Keamanan antara Indonesia dan Australia yang kemudian disebut dengan Traktat Lombok. Traktat Lombok merupakan salah satu bentuk kerjasama keamanan yang memiliki dasar-dasar cooperative security yang dijalin oleh Indonesia dan Australia pada tahun 2006 dalam mengatasi masalah keamanan yang dihadapi oleh kedua negara. Setelah ditandatangani, kerjasama keamanan Traktat Lombok ini sudah resmi berlaku sejak diratifikasi oleh kedua negara. Permasalahannya kemudian adalah bahwa efektivitas Traktat Lombok ini dipertanyakan. Pada awal pembentukannya pada tahun 2006 hingga penelitian ini dilakukan di tahun 2015, permasalahan dan perselisihan dalam bidang keamanan antara Indonesia dengan Australia masih tetap terjadi. Permasalahan efektivitas kerjasama keamanan Traktat Lombok ini akan dilihat menggunakan indikator-indikator yang dikemukakan oleh Richard Cohen dan Michael Moodie. Richard Cohen menjelaskan bahwa syarat utama dalam keberhasilan cooperative security adalah adanya nilai dan kepentingan bersama yang dianut oleh para anggotanya. Sedangkan Michael Moodie menjelaskan dengan lebih detail bahwa ada tiga hal yang menyebabkan suatu cooperative security gagal dan tidak efektif, yaitu; Pertama adalah ketidakmampuan negara untuk menjaga keamanan domestiknya. Kedua, adanya persepsi yang saling bertentangan antara pihak-pihak yang terlibat dalam kerjasama keamanan. Ketiga adalah adanya kesenjangan dalam kekuatan stratejik. Penelitian ini dilakukan melalui studi kepustakaan. Dalam penelitian ini, peneliti dapat menyimpulkan beberapa hal. Pertama, terlihat bahwa ada perbedaan kepentingan dari Indonesia dan Australia ketika menyusun poin-poin yang disepakati dalam kerjasama keamanan ini. Selain perbedaan kepentingan, peneliti juga melihat ada rasa saling tidak percaya antara kedua negara. Rasa saling percaya itu merupakan akibat dari adanya persepsi yang berbeda pada masyarakatnya. Peneliti juga melihat ada kecenderungan Australia sebagai negara yang lebih kuat secara strategi untuk tidak berkomitmen penuh terhadap poin-poin kerjasama keamanan yang telah disepakati oleh kedua negara. Dari hal-hal tersebut, maka cooperative security antara Indonesia dan Australia dalam bentuk Traktat Lombok tidak efektif mencapai semua tujuan awalnya hingga saat ini.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THI.03/16 Sak c
Uncontrolled Keywords: Cooperative security, Traktat Lombok, Indonesia, Australia
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia > 6651 Political institutions and public administration (Asia,Africa, Australia, Pacific Area, etc.)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
Taruna Rastra Sakti, 071324553005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSartika Soesilowati, Dra., MA., Ph.DUNSPECIFIED
ContributorM Muttaqien, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 20 Apr 2016 06:38
Last Modified: 20 Apr 2016 06:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29580
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item