FENOMENA PENGGUNAAN BEHEL GIGI SEBAGAI SIMBOL DALAM PROSES INTERAKSI SOSIAL PADA KALANGAN REMAJA DI PERKOTAAN (Studi Deskriptif tentang Gaya Hidup Remaja Pengguna Behel Gigi dalam Analisis Interaksionisme Simbolik di Kota Surabaya)

HENDINA PRATIWI, 071211433057 (2016) FENOMENA PENGGUNAAN BEHEL GIGI SEBAGAI SIMBOL DALAM PROSES INTERAKSI SOSIAL PADA KALANGAN REMAJA DI PERKOTAAN (Studi Deskriptif tentang Gaya Hidup Remaja Pengguna Behel Gigi dalam Analisis Interaksionisme Simbolik di Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
Halaman depan.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB III.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB IV.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB V.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. LAMPIRAN.pdf

Download (386kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan behel gigi di kalangan remaja merupakan isu kontemporer. Pemasangan behel gigi yang dilakukan oleh remaja memiliki tujuan untuk memperkuat identitas remaja dalam kehidupan sosialnya. Dalam kajian ini mencoba mendeskripsikan mengenai proses gaya hidup penggunaan behel gigi di kalangan remaja dalam pembentukan identitas dalam kehidupan sosialnya beserta ekspektasi apa saja yang muncul dalam pemakaian behel gigi di kalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara deskriptif kualitatif mengenai bagaimana proses penggunaan behel gigi menjadi simbol dalam pembentukan identitas di kalangan remaja di Kota Surabaya. Untuk teknik penentuan informan menggunakan metode purposif, dalam penelitian ini informan berjumlah tujuh orang meskipun dalam analisis dikembangkan tiga orang dengan metode reduksi data untuk dua orang informan. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan interview guide. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Surabaya. Pertimbangan Kota Surabaya menjadi lokasi penelitian karena Kota Surabaya memiliki akses yang mudah dalam pemasangan behel gigi. Dalam penelitian ini teori yang digunakan dalam analisa interaksi simbolik yang dikembangkan oleh George Herbert Mead yang diperkuat dengan dimensi pemikiran gaya hidup David Chaney. Serta didukung dengan Teori yang dikemukakan oleh Jean P Baudrillard yaitu Konsumsi Objek Paling Indah: Tubuh. Hasil penelitian dari proses gaya hidup penggunaan behel sebagai pembentukan identitas dalam interaksi melalui proses mind dan diperkuat dalam dimensi I and me”, dan untuk persoalan gaya hidup didasarkan dengan analisis budaya konsumen yang sedang berkembang saat ini. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa behel gigi sudah berubah dari orientasi kesehatan kearah orientasi fashion. Kondisi tersebut menimbulkan ekspektasi di kalangan remaja dan membuat behel gigi digunakan sebagai media oleh remaja agar bisa eksis di lingkungan sosialnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 18 16 Pra f
Uncontrolled Keywords: Remaja, Gaya Hidup, Behel gigi
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
HENDINA PRATIWI, 071211433057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSepti Ariadi, Drs .MAUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 21 Apr 2016 02:10
Last Modified: 21 Apr 2016 02:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29613
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item