Persepsi Kepala Desa Terhadap Layanan Pepustakaan Desa (Studi Deskriptif Terhadap 35 Desa Di Kabupaten Blitar)

Niswa Nabila SBA (2015) Persepsi Kepala Desa Terhadap Layanan Pepustakaan Desa (Studi Deskriptif Terhadap 35 Desa Di Kabupaten Blitar). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf
Restricted to Registered users only until 20 May 2023.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III TEMUAN DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 20 May 2023.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV ANALISIS DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 20 May 2023.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 May 2023.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 May 2023.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan desa sebagai salah satu pusat informasi memiliki tantangan untuk memenuhi kebutuhan pemustakanya. Perpustakaan desa adalah lembaga informasi yang berada di tingkat desa. Perpustakaan milik masyarakat, untuk masyarakat, dari masyarakat untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat sekitarnya dengan mengetahui keinginan dan kemauan masyarakat serta mengembangkan inisiatif dan kreativitas. Upaya untuk tetap dapat meningkatkan inat masyarakat untuk memanfaatkan perpustakaan desa yait dengan mengetahui bagaimana layanan perpustakaan desa yang dilakukan oleh tenaga perpustakaan dalam hal ini diwakili oleh kepala desa selaku pemegang kebijakan tertinggi di level desa dan dinilai mampu meningkatkan minat masyarakat akan perpustakaan desa dengan kebijakannya. Maka penelitian ini meneliti mengenai persepsi kepala desa terhadap perpustakaan desa. Dalam penelitian ini menggunakan layanan sebagai aspek yang dipersepsi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori persepsi menurut Udai Pareek yang menyatakan dalam proses persepsi ada 6 proses yaitu (1) Proses Menerima Rangsangan; (2) Proses Menyeleksi Rangsangan; (3) Proses Pengorganisasian; (4) Proses Penafsiran; (5) Proses Pengecekan; (6) Proses Reaksi. Teknik pengambilan sampel mengunakan total sampling, sampel purposive dan metode yang digunakan metode kuantitatif deskriptif. Kepala desa sebagai pemustaka dan pemegang kebijakan mempersepsikan sarana-prasarana dengan memberikan tanggapan positif yang dipengaruhi oleh kebutuhan dan keinginan berupa karakteristik sosial demografis berdasarkan usia, jenis kelamin dan pendidikan. Sementara itu, cenderung benar bahwa tenaga perpustkaan memuku suara yang bias didengarkan dengan baik, tutur jata lembut dan mudah dipahami. Tak hanya itu berdasarkan pengamatan indra penglihatan dan penciuman yang dilakukan kepala desa, kepala desa mempersepsikan positif dan berminat untuk berkunjung Mkembali. Namun walaupun demikian perlu dilakukan ditingkatkan lagi kualitas layanan yang diberikan oleh tenaga perpustakaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 23/16 Nab p
Uncontrolled Keywords: persepsi, perpustakaan desa, kepala desa
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Niswa Nabila SBANIM071016004
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri SusantariNIDN0017055905
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Apr 2016 02:17
Last Modified: 20 May 2020 04:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29714
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item