“PENGATURAN KESAN DI KALANGAN PUSTAKAWAN DALAM BERINTERAKSI DENGAN PENGGUNA”

HEFIFA RHESA YUNIAR, 071211632024 (2015) “PENGATURAN KESAN DI KALANGAN PUSTAKAWAN DALAM BERINTERAKSI DENGAN PENGGUNA”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (963kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pustakawan memiliki peran penting dalam keberlangsungan kegiatan pada perpustakaan. Salah satu peran penting yang dilakukan oleh pustakawan yaitu melayani kebutuhan informasi pengguna yang datang ke perpustakaan. Akan tetapi, kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh pustakawan belum dapat memenuhi kepuasan pelayanan sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna. Padahal, sederet tugas dan kewajiban pustakawan dalam menjalankan profesinya sebagai pelayan informasi sudah diatur dan termuat dalam kode etik pustakawan serta aturan perpustakaan. Namun meski begitu, pada kenyataannya masih banyak didapati keluhan pengguna mengenai sikap yang ditunjukkan oleh pustakawan ketika melayani pengguna. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pustakawan melakukan pengaturan kesan yang ingin disampaikan ketika melayani pengguna serta pemahaman yang ditangkap oleh pengguna terhadap profesi pustakawan. Jenis paradigma penelitian yang digunakan adalah interpretatif dengan metode kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami interaksi yang dilakukan oleh pustakawan dan pengguna perpustakaan sehingga pendekatan yang digunakan ialah interaksionisme simbolik. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive sampling, sedangkan teknik pengambilan data dilakukan melalui in-depth interview (wawancara mendalam), observasi, dokumentasi, serta penggabungan (triangulasi) data dari ketiga cara tersebut.Hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori Dramaturgi dari Erving Goffman menghasilkan tiga tipologi pengaturan kesan yang dilakukan pustakawan, yaitu: (1) Discretion Performance atau penampilan yang dikembangkan; (2) Safe Performance atau penampilan yang aman; dan (3) Anti- Social Performance atau penampilan anti sosial. Selain itu penelitian ini juga menemukan definisi bias pada pemahaman profesi pustakawan di mana profesi pustakawan dipahami oleh pengguna hanya sebagai penjaga buku di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP 26/16 Yun p
Uncontrolled Keywords: Pengaturan kesan, interaksionisme simbolik, pelayanan, dramaturgi Pustakawan, pengguna
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
HEFIFA RHESA YUNIAR, 071211632024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDTri Soesantari, Dra. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Apr 2016 06:15
Last Modified: 22 Apr 2016 06:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29770
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item