RANCANGAN PENGURANGAN WASTE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETEPATAN PENGIRIMAN PADA DEPARTEMEN IPT B DENGAN MENGGUNAKAN VALUE STREAM MAPPING (VSM), FISHBONE DIAGRAM, DAN FAILURE MODE AND EFFECTS ANALYSIS (FMEA) DI PT.XYZ

Ayu Puspita Astika, 041324353014 (2016) RANCANGAN PENGURANGAN WASTE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETEPATAN PENGIRIMAN PADA DEPARTEMEN IPT B DENGAN MENGGUNAKAN VALUE STREAM MAPPING (VSM), FISHBONE DIAGRAM, DAN FAILURE MODE AND EFFECTS ANALYSIS (FMEA) DI PT.XYZ. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
MM 11-16 Ast r - ADLN.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
12. BAB I PENDAHULUAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
13. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
14. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
15. BAB IV GAMBARAN UMUM OBYEK PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
16. BAB V INTERPRETASI DAN PENGOLAHAN DATA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
17. BAB VI SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18. DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kondisi persaingan bisnis yang semakin kompetitif mengharuskan perusahaan untuk menentukan visi dalam memenangkan persaingan dan keunggulan bersaing baik pada tingkat nasional maupun internasional. Salah satu perusahaan yang sedang melakukan bisnisnya baik pada tingkat nasional maupun internasional adalah PT. XYZ. PT. XYZ merupakan perusahaan farmasi multinasional yang berada di Indonesia. Saat ini, PT. XYZ sedang berupaya untuk mewujudkan visi perusahaan yakni menjadi perusahaan dengan kualitas terbaik, harga terendah, dan lead time terpendek untuk mencapai keunggulan bersaing dalam bidang industri farmasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi adanya waste pada keseluruhan proses pengepakan pada departemen IPT B PT. XYZ yang menyebabkan keterlambatan pengiriman. Pengurangan waste dipilih sebagai obyek penelitian dikarenakan PT. XYZ harus mengutamakan konsumen dengan mengirimkan produk tepat waktu. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif eksplanatori yang menjelaskan mengapa permasalahan tersebut terjadi dan bagaimana memecahkan permasalahn tersebut. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan, didapatkan hasil penelitian yaitu waste yang banyak terjadi adalah adanya tingkat lead time yang tinggi. Dari proses metode Value Stream Mapping (VSM), dan Fishbone Diagram diketahui bahwa proses yang memiliki tingkat lead time yang tinggi yakni proses inspeksi komponen pengepakan, proses rilis quality, dan proses pengiriman. Dengan melihat dari segi man, machine, method, material, dan environment faktor penyumbang terbesar untuk ketiga proses tersebut berasal dari segi man, machine, method, dan material. Oleh karena itu, dilakukan upaya perbaikan dengan melakukan pembobotan resiko dengan menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Dari hasil FMEA, upaya perbaikan utama yang diusulkan untuk proses inspeksi komponen pengepakan adalah mengusulkan untuk melakukan kualifikasi vendor. Sedangkan untuk proses rilis oleh quality assurance usulan perbaikan yang harus pertama dilakukan oleh manajemen adalah mengadakan kaizen untuk membetulkan master data semua departemen yang terlibat dalam proses rilis dan menerapkan Total Preventive Maintenance yang regular untuk departemen engineering. Untuk proses pengiriman, perbaikan utama yang diusulkan adalah visualisai kelengkapan dokumen dengan menempelkan tracking pada papan tier outbond dan sosialisasi dan training proses kanban terkait material untuk proses pick & pack yang sering habis. Dari proses perbaikan tersebut rancangan lead time dari value stream mapping saat ini dan value stream mapping yang diusulkan untuk kondisi yang akan datang berkurang dari lead time 106 hari menjadi 92 hari sehingga bisa mengurangi keterlambatan pengiriman.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM.11/16 Ast r
Uncontrolled Keywords: Waste, values stream mapping, lead time, fishbone diagram, FMEA
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD896-899 Industrial and factory wastes
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Ayu Puspita Astika, 041324353014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSUPARNO, Prof., Ir.,M.SIE.,PhD.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 24 Apr 2016 10:01
Last Modified: 24 Apr 2016 10:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29855
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item