KAJIAN EFEKTIVITAS KEGIATAN PENGENDALIAN NYAMUK AEDES AEGYPTI TERHADAP PENURUNAN KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE (Studi di Wilayah Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang)

Ridwan Rahmadi 101311123128 (2016) KAJIAN EFEKTIVITAS KEGIATAN PENGENDALIAN NYAMUK AEDES AEGYPTI TERHADAP PENURUNAN KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE (Studi di Wilayah Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf--.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB 1.pdf--.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
3. BAB 2.pdf--.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
4. BAB 3.pdf--.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5. BAB 4.pdf--.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
6. BAB 5.pdf--.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
7. BAB 6.pdf--.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VII)
8. BAB 7.pdf-1.pdf--.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf--.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit Demam Berdarah merupakan penyakit endemis di Indonesia yang disebabkan oleh vektor nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini dapat menjangkiti semua daerah di Indonesia seperti di kelurahan Tanjungmas, kecamatan Semarang Utara yang merupakan wilayah kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas II Semarang. Kantor Kesehatan Pelabuhan mempunyai tugas pokok dalam pengendalian penyakit dan vektor. Maka dari itu, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dapat ditekan melalui tindakan pengendalian vektor Aedes aegypti. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas dari pengendalian nyamuk Aedes aegypti terhadap penurunan kejadian Demam Berdarah Dengue. Penelitian ini bersifat deskriptif. Variabel penelitian ini meliputi man, money, method, machine, material, market, teknologi, time, informasi, perilaku masyarakat, survey jentik, fogging, abatisasi, kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD). Sampel responden diambil dengan cara total population untuk pelaksana kegiatan dan random sampling pada masyarakat dengan jumlah 99 responden. Lokasi penelitian dilakukan di kelurahan Tanjungmas kecamatan Semarang Utara, kota Semarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksana kegiatan pengendalian nyamuk Aedes aegypti yaitu petugas dan jumantik pernah mengikuti pelatihan. Pengetahuan tentang DBD yang tidak banyak diketahui adalah penyebab DBD (23%), standar ABJ (Angka Bebas Jentik) (2%), dan belum ditemukannya obat DBD (48%). Kebiasaan masyarakat yang masih tidak memenuhi syarat kesehatan adalah menggantung pakaian (46%), frekuensi pengurasan tempat penampungan air (40,2%) dan ketersediaan tutup penampungan air (45,8%). Sedangkan untuk output yaitu hasil kegiatan pengendalian nyamuk Aedes aegypti pada hasil survey jentik yaitu HI, CI dan BI masih belum memenuhi standar. Dengan hasil HI dan CI melebihi 1%. Kejadian DBD juga menunjukkan tetap tiidak mengalami penurunan pada tahun 2014-2015. Untuk itu disarankan adanya peningkatan kesadaran dan pengetahuan kepada masyarakat dengan cara penyuluhan tentang bahaya penyakit DBD dan cara mencegah berkembangbiaknya vektor nyamuk Aedes aegypti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.103/16 Rah k
Uncontrolled Keywords: efektivitas,Aedes aegypti,pengendalian
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA643-645 Disease (Communicable and noninfectious) and public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Ridwan Rahmadi 101311123128UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDCorie Indria Prasasti, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 25 Apr 2016 02:35
Last Modified: 03 Jan 2018 18:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29875
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item