Pengaruh Bargaining Position dalam Keluarga terhadap Pola Pengambilan Keputusan ber-KB Vasektomi (Studi Eksplanatif tentang Pola Pengambilan Keputusan Pria sebagai peserta KB metode vasektomi)

Sri Kusumawarti (2015) Pengaruh Bargaining Position dalam Keluarga terhadap Pola Pengambilan Keputusan ber-KB Vasektomi (Studi Eksplanatif tentang Pola Pengambilan Keputusan Pria sebagai peserta KB metode vasektomi). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (815kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (527kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (482kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (673kB)
[img] Text
5. BAB II DESKRIPSI DAERAH PENELITIAN dan TINJAUAN HISTORIS TENTANGVASEKTOMI.pdf
Restricted to Registered users only until 24 May 2023.

Download (816kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III ANALISIS DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 24 May 2023.

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV DISKUSI TEORITIK.pdf
Restricted to Registered users only until 24 May 2023.

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 24 May 2023.

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (525kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 24 May 2023.

Download (663kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Program KB yang dilaksanakan oleh pemerintah saat ini juga disediakan bagi laki-laki, yang salah satunya yaitu vasektomi. Seorang laki-laki sebagai suami juga harus mempunyai tanggung jawab yang besar, sebab dalam pelaksanaan program Keluarga Berencana masyarakat mengkonstruksikan tanggung jawab serta perilaku laki-laki lebih dominan daripada perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan merumuskan tiga permasalahan yaitu : Pertama adalah Bagaimana bargaining position dalam keluarga pada suami peserta KB metode kontrasepsi vasektomi? Kedua adalah Bagaimana pola pengambilan keputusan dalam keluarga pada suami peserta KB metode kontrasepsi vasektomi? Dan ketiga adalah Adakah pengaruh antara bargaining position dalam keluarga terhadap pola pengambilan keputusan untuk bervasektomi? Teori yang digunakan adalah teori pengambilan keputusan oleh Levy, Blood, dan Wolfe, Roger dan White, bahwa ada lima variasi dalam pola pengambilan keputusan dalam keluarga. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatif research. Dilakukan di Kota Balikpapan, dengan pertimbangan Balikpapan sebagai kota terpadat di provinsi Kalimantan Timur memiliki jumlah peserta KB yang pencapaian nya melampaui target Perkiraan Permintaan Masyarakat setiap tahunnya. Sampel ditarik dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, yaitu Pasangan Usia Subur yang menggunakan metode kontrasepsi vasektomi di Kota Balikpapan. Dari penelitian ini ditemukan bahwa pertama, bargaining position istri dalam keluarga yang bervasektomi lebih kuat. Hal ini dilihat dalam pengambilan keputusan tentang masalah dalam keluarga. Serta dilihat dari pendidikan, penghasilan dan status ketenagakerjaan. Kedua, pola pengambilan keputusan bervasektomi dilakukan dengan dominasi penuh oleh istri. Hal ini disebabkan oleh bargaining position dalam keluarga menunjukkan kekuasaan pada istri dalam hal penentuan alat kontrasepsi. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan antara bargaining position dalam keluarga terhadap pola pengambilan keputusan bervasektomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.07/16 Kus p
Uncontrolled Keywords: bargaining position, vasektomi.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ760-767.7 Family size
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Sri KusumawartiNIM071211432023
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSepti Ariadi, Drs., M.ANIDN0023096303
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Apr 2016 00:05
Last Modified: 24 May 2020 13:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29916
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item