KARGO UDARA (Studi Deskriptif Tentang Prosedur Pengiriman Binatang Hidup Menggunakan Kargo Udara Di PT. Jasa Angkasa Semesta Cabang Denpasar)

ACHMAD JAMIL, 071210213029 (2016) KARGO UDARA (Studi Deskriptif Tentang Prosedur Pengiriman Binatang Hidup Menggunakan Kargo Udara Di PT. Jasa Angkasa Semesta Cabang Denpasar). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
7. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan kemajuan teknologi saat ini bisa dibilang sangat pesat seiring dengan berjalanannya waktu, teknologi berkembang mengikuti kebutuhan manusia yang semakin hari semakin kompleks dan menimbulkan banyak masalah. Kemajuan teknologi tersebut yang salah satunya juga menjadi kebutuhan masyarakat untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Dalam kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan saat ini, telah menyebabkan jarak dan batas negara semakin transparan, sehingga kemajuan teknologi dan kemajuan ilmu pengetahuan dapat menciptakan alat transportasi yang mampu menghubungkan daerah satu dengan yang lain dengan mudah dan mampu meningkatkan pembangunan daerah semakin maju. PT. Jasa Angkasa Semesta adalah salah satu perusahaan yang menggunakan keuntungan moda transportasi udara. Perusahaan ini bergerak di bidang ground handling yaitu penanganan penumpang beserta bagasi, pelayanan teknis pesawat dan pengiriman kargo. Salah satu pengiriman yang disediakan oleh PT. JAS adalah pengiriman Binatang Hidup yang biasa disebut Live Animal. Penanganan Binatang juga di tangani dengan rush handling yaitu penangan segera. Dalam penanganan pengiriman bintang hidup, petugas mendapati kendala – kendala saat penangan pengiriman yaitu seperti pengemasan bintang hidup yang sangat rentan dan kurang lengkapnya dokumen. Hal tersebut tentunya dapat merugikan beberapa pihak maka dari itu dibutuhkan penanganan yang lebih untuk mengatasi masalah tersebut sehingga dapat memperkecil angka resiko terjadinya masalah yang lain. Apabila penanganan yang dilakukan dapat memberikan solusi, maka perusahaan akan menerima hadiah yaitu kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penulis sebagai peneliti melakukan observasi langsung ke lapangan kemudian melakukan wawancara dengan staf kargo dan supervisor PT.JAS cabang Denpasar.dan mengumpulkan data berupa bahan dokumen dan foto kremudian disusun dan dideskripsikan ke dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan dipahami. Prosedur pengiriman kargo udara binatang hidup di PT.JAS memerlukan ketelitian yang lebih dan mengikuti aturan main yang telah ditetapkan, dimana hal-hal berikut harus diperhatikan, seperti jenis dan sifat barang yang dikirim; packing, marking; labeling; berat dan jumlah barang yang dikirim, kota dan negara tujuan barang akan dikirim; peraturan setempat menyangkut bea cukai/pabean, karantina. untuk penerimaan kargo yang akan dikirm, harus melihat kondisi hewan yang akan dikirim serta kelengkapan dokumen yang diperlukan seperti yang tertera di IATA Live Animal Regulations Manual dan juga melihat regulasi yang dikeluarkan dari maskapai penerbangan yang bersangkutan dalam hal pengiriman hewan hidup. Regulasi yang dikeluarkan berkaitan dengan jenis hewan, jenis pesawat, temperatur udara di stasiun asal, rute yang dilalui, dan keadaan atau regulasi yang berlaku di tempat tujuan, atau apabila diperlukan melihat pendamping dari hewan hidup tersebut.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW.02/16 Jam k
Uncontrolled Keywords: Kargo Udara; Pengiriman Barang
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE323-328 Transportation geography. Trade routes
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ACHMAD JAMIL, 071210213029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNur Emma Suriani, S.Sos, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 25 Apr 2016 11:53
Last Modified: 25 Apr 2016 11:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29924
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item