PELAYANAN PERUSAHAAN GROUND HANDLING (Studi Deskriptif Pelayanan Pre-Flight Oleh Divisi Passenger Service Handling PT Global Jasa Angkasa Terhadap Penumpang Maskapai Kalstar Aviation Bandara Internasional Juanda Surabaya)

Wildani Norma Widyanti, 071210213002 (2016) PELAYANAN PERUSAHAAN GROUND HANDLING (Studi Deskriptif Pelayanan Pre-Flight Oleh Divisi Passenger Service Handling PT Global Jasa Angkasa Terhadap Penumpang Maskapai Kalstar Aviation Bandara Internasional Juanda Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
3.VBAB II DESKRIPSI LOKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
4. BAB III PENYAJIAN DAN ITERPRETASI DATA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
7. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perusahaan penerbangan merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa yang menyediakan pelayanan penerbangan kepada penumpang. Dalam memberikan pelayanan perusahaan penerbangan tidak bisa melakukan semuanya sendiri, maka dari itu biasanya perusahaan penerbangan bekerja sama dengan perusahaan ground handling untuk membantu mereka dalam memberikan pelayanan kepada penumpangnya. Pelayanan yang diberikan oleh perusahaan penerbangan dan ground handling adalah pelayanan pre flight (sebelum terbang) dan post flight (pelayanan setelah terbang). Pelayanan pre flight (sebelum terbang) dan post flight (pelayanan setelah terbang) akan dilakukan oleh divisi passenger service yang biasa disebut divisi pasasi. Pelayanan yang diberikan oleh perusahaan ground handling dalam melayani penumpang maskapai penerbangan mempunyai peranan yang penting bagi pengguna jasa. Hal yang paling penting dalam memberikan pelayanan adalah kecepatan, kenyamanan, ketepatan, keamanan dan kemudahan bagi penumpang atau konsumen. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan pre flight oleh divisi passenger service handling PT.Global Jasa Angkasa dalam melayani penumpang maskapai Kalstar Aviation di Bandara Juanda Surabaya beserta kendala atau hambatan yang terjadi dalam pelayanan yang diberikan.Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pelayanan pre flight dalam suatu penerbangan sangat penting dan banyak prosedur yang harus dilalui penumpang. Pelayanan ini dilayani oleh divisi passenger service. Yang termasuk pelayanan pre flight adalah chek in dan boarding. Chek in merupakan kegiatan pelaporan diri penumpang dari bandara asal ke bandara tujuan. Sedangkan boarding adalah proses saringan terakhir sebelum penumpang masuk ke kabin pesawat. Di dalam pelayanan pre flight chek in dan boarding sering terjadi hambatan atau kendala yang terjadi, namun segala hambatan dan kendala dapat diatasi dengan kerjasama staff passenger service dan staff divisi lain seperti divisi ramp, pihak operation dan pihak lain dari maskapai.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW.04/16 Wid p
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Pre-Fligh; Passenger Service Handling
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT5220-5286 Customs relative to transportation and travel
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
Wildani Norma Widyanti, 071210213002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNUR EMMA SURIANI, S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 25 Apr 2016 23:48
Last Modified: 25 Apr 2016 23:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29926
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item