PELAYANAN MASKAPAI GARUDA INDONESIA ( Studi Deskriptif Tentang Upaya Dalam Mengatasi Kendala Pelayanan City Check-In Maskapai Garuda Indonesia Di Sales Office Tunjungan )

SAVIRA RURY EVANY, 071210213006 (2016) PELAYANAN MASKAPAI GARUDA INDONESIA ( Studi Deskriptif Tentang Upaya Dalam Mengatasi Kendala Pelayanan City Check-In Maskapai Garuda Indonesia Di Sales Office Tunjungan ). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
7. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi dan tuntutan kebutuhan masyarakat akan mobilisasi dari suatu tempat ke tempat lain, maka masyarakat membutuhkan alat transportasi yang secara cepat, aman dan nyaman. Salah satu alat transportasi yang terbaik adalah pesawat udara, karena transportasi udara memiliki kelebihan di bandingkan dengan alat transportasi darat dan laut, yaitu dalam segi kecepatan waktu, jangkauan dan kenyamanan. Dengan menggunakan pesawat udara hambatan akan jarak dan waktu dapat diatasi. Keberadaan pesawat udara ini dapat menunjang kegiatan pariwisata, bisnis, dan kepentingan pribadi lainnya. Maka pesawat udara saat ini lebih banyak diminati oleh masyarakat luas yang menginginkan kemudahan dan kenyamnan dalam perjalanan mereka. Salah satu aktivitas penerbangan yang banyak menyita waktu adalah aktivitas check-in, karena pada bagian ini penumpang harus antri dan harus bisa mentaati waktu yang telah ditentukan jika tidak ingin ketinggalan pesawat. PT. Garuda Indonesia adalah salah satu maskapai penerbangan yang mempunyai penerbangan hampir setiap jamnya, karena hampir setiap jam ada penerbangan sehingga terkadang check-in di bandara menimbulkan banyak komplain. Maka dari itu PT. Garuda Indonesia menerapkan sistem baru yaitu city check-in yang dapat dilakukan di kantor kota Garuda Indonesia di Surabaya. Yang menjadi objek utama dalam penelitian ini adalah upaya dalam mengatasi kendala pelayanan city check-in. Pelayanan city check-in ini adalah Pre Flight Service (pelayanan sebelum terbang) yang diberikan oleh Garuda Indonesia kepada calon penumpang. Kendala dalam pelayanan city check-in tidak hanya dari pihak Garuda Indonesia saja tetapi dari para penumpang, tetapi di setiap kendala yang terjadi di dalam pelayanan city check-in, pihak Garuda Indonesia selalu berupaya memberikan kenyamanan bagi para penumpang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penulis sebagai peneliti melakukan observasi langsung ke lapangan kemudian melakukan wawancara dengan staf reservasi & ticketing dan juga supervisor Garuda Indonesia Tunjungan. dan mengumpulkan data berupa bahan dokumen dan foto kemudian disusun dan dideskripsikan ke dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan dipahami. Kendala city check-in ada dua yaitu kendala internal dan ekternal. Kendala yang terjadi di lapangan seperti pemilihan seat, penumpang yang membawa infant tidak diperbolehkan untuk check-in melalui web, penumpang berkebutuhan khusus yang memakai wheelchair, dan offloading boarding pass. Tetapi Garuda Indonesia selalu memberikan upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan memberikan peraturan dan ketentuan yang berlaku dalam setiap permasalahan yang terjadi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW.06/16 Eva p
Uncontrolled Keywords: Maskapai Garuda Indonesia; Pelayanan City Check-In
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
SAVIRA RURY EVANY, 071210213006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNUR EMMA SURIANI, S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 26 Apr 2016 00:14
Last Modified: 26 Apr 2016 00:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29935
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item