PENANGANAN EVENT MUSIK (Studi Deskriptif tentang Penanganan Konser Reuni Dewa 19 di Surabaya oleh Event Organizer J Entertainment)

NAYA OKTAVIA PERMATAPUTRI, 071210213039 (2016) PENANGANAN EVENT MUSIK (Studi Deskriptif tentang Penanganan Konser Reuni Dewa 19 di Surabaya oleh Event Organizer J Entertainment). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
7. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Musik bukanlah hal yang baru pada saat ini. Dapat dilihat dari banyaknya masyarakat di seluruh dunia yang menyukai musik, bahkan bekerja pada bidang ini. Tidak hanya sebagai musisi, tapi industri musik kini juga dapat melebarkan sayap pada fokusnya. Music studio, music label hingga event organizer adalah fokus dari industri musik. Industri musik dapat berdampingan dengan industri pariwisata, karena industri pariwisata sendiri memiliki sifat yang flexible. Tidak jarang sebuah pemerintah kota atau negara mempromosikan kota atau negaranya melalui music event. Jika fasilitas dari suatu kota telah dipenuhi dan sesuai dengan kriteria event yang akan diselenggarakan maka tugas event organizer adalah merencanakan, mempersiapkan hingga menyelenggarakan satu kegiatan tersebut. Event Reuni Dewa 19 feat. Ari Lasso di Surabaya merupakan event yang mendatangkan banyak audience dikarenakan group band ini memiliki banyak penggemar yang tersebar di berbagai kota. Sehingga membutuhkan penanganan khusus dalam mengatur traffic hingga keamanan event. Metodologi penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah salah satu cara atau metode penelitian dengan sistematika sebuah penelitian yang mempunyai ciri khas kealamian sumber data, bersifat apa adanya dan fleksibel. J Entertainment adalah salah satu Event Organizer yang berpengalaman dalam menangani suatu music event dibawah naungan Jade Indopratama. Berdiri pada April 2014, J Entertainment merupakan event organizer yang banyak menyelenggarakan music event di kota Malang dan sekitarnya. Berkerjasama dengan Dinas Pemerintahan Kota Malang maupun Kabupaten Malang hingga Dinas Pemerintahan Kota Batu dan sponsor-sponsor pendukungnya. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat disimpulkan bahwa penanganan event Reuni Dewa 19 feat. Ari Lasso di Surabaya oleh J Entertainment melalui beberapa tahapan agar event ini berjalan dengan baik. Tahapan-tahapan tersebut adalah menentukan waktu dan tempat penyelenggaraan event. Pada tahapan ini pihak J Entertainment membutuhkan waktu selama 6 bulan sebelum event ini berlangsung. Selain menentukan waktu dan tempat penyelenggaraan, pihak J Entertainment juga mulai melakukan beberapa kegiatan untuk mendukung terselenggaranya kegiatan ini diantaranya adalah mencari sponsor, mengurus perizinan hingga mencari sumber daya manusia yang akan dikoordinasikan selama event berlangsung. Untuk menarik minat warga Surabaya dan penggemar Dewa 19, J Entertainment memberikan berbagai promo menarik melalui penjualan pre-sale ticket. Selama pelaksanaan event, J Entertainment melakukan pengawasan yang ketat/screening kepada seluruh penonton sehingga ketertiban penonton dalam event ini dapat terjaga.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW.07/16 Per p
Uncontrolled Keywords: Event Musik,Konser Musik
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.2-62.8 Management of special enterprises
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
NAYA OKTAVIA PERMATAPUTRI, 071210213039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNOVIANTO EDI SUHARNO, SST Par., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 26 Apr 2016 00:26
Last Modified: 26 Apr 2016 00:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29936
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item