PROSEDUR RESERVASI (Studi Deskriptif tentang Pelaksanaan Standard Operating Procedure (SOP) di Departemen Reservasi Yang Efektif Guna Menekan Jumlah Penumpang No- Show di PT. Garuda Indonesia Surabaya)

Ryan Fitrah Hanugrah, 071102049 (2016) PROSEDUR RESERVASI (Studi Deskriptif tentang Pelaksanaan Standard Operating Procedure (SOP) di Departemen Reservasi Yang Efektif Guna Menekan Jumlah Penumpang No- Show di PT. Garuda Indonesia Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
7. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Proses reservasi tidak hanya bisa dilakukan secara langsung mendatangi ke kantor maskapai penerbangan yang dituju, kemudahan dalam melakukan reservasi juga bisa dilakukan melalui telepon dengan memanfaatkan perkembangan teknologi reservasi melalui internet. Departemen reservasi memiliki banyak sub-sub departemen didalam nya, seperti: Pre flight check, Telephone sales, Booking load factor, dan Group booking. Setiap sub departemen di dalam departemen reservasi memiliki perannya masingmasing dalam mengurangi permasalahan dalam kegiatan reservasi seperti No-show. Upaya yang di lakukan PT. Garuda Indonesia Surabaya dalam mengurangi atau menekan permasalahan yang ada di dalam reservasi seperti No-show tersebut harus segera dilakukan, mengingat resiko yang dialami PT.Garuda Indonesia Surabaya dalam segi eksistensi sebuah perusahaan jasa transportasi udara dan citra perusahaan jasa transportasi udara di mata masyarakat. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui standard operating procedure (SOP) yang seperti apa di dalam departemen reservasi di PT. Garuda Indonesia dalam upaya mengurangi atau menekan jumlah penumpang No-show serta untuk mengetahui kelanjutan dari upaya tersebut di masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Kajian ini menghasilkan jawaban atas permasalahan penelitian yaitu pelaksanaan standard operating procedure (SOP) yang efektif guna mengurangi atau menekan jumlah penumpang No-show di departemen reservasi PT. Garuda Indonesia Surabaya adalah pengecekan pembukuan, firming, pengiformasian kondisi reservasi maupun kondisi penerbangan. Dari upaya tersebut diharapkan dapat mengantisipasi kesalahan di dalam kegiatan reservasi yang dimaksud adalah No-show itu sendiri, load factor dapat terpenuhi, dan perubahan kesadaran dari penumpang tentang proses reservasi. Dalam upaya antisipasi dimasa yang akan datang pihak airline telah mengambil tindakan berupa meningkatkan layanan sistem atau bahkan mengganti sistem reservasi dengan sistem yang lebih optimal dalam menekan dan mengurangi jumlah penumpang No-show.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW.16/16 Han p
Uncontrolled Keywords: Standard Operating Pocedure, PT. Garuda Indonesia Surabaya, Reservasi, Penumpang No-show.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
Ryan Fitrah Hanugrah, 071102049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNOVIANTO EDI SUHARNO, SST Par., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 26 Apr 2016 02:05
Last Modified: 26 Apr 2016 02:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29949
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item