PROMOSI OBJEK WISATA MADURA (Studi Deskriptif Pembuatan Komik Sejarah Aermata Ebu Sebagai Salah Satu Media Promosi Objek Wisata Aer Mata Ebu, Bangkalan, Madura)

AULITA PRADNA P, 071210213027 (2016) PROMOSI OBJEK WISATA MADURA (Studi Deskriptif Pembuatan Komik Sejarah Aermata Ebu Sebagai Salah Satu Media Promosi Objek Wisata Aer Mata Ebu, Bangkalan, Madura). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
7. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Information technology atau yang lebih sering disebut dengan IT adalah hal yang penting, hampir seluruh dunia menggunakan IT dalam kehidupan sehari-hari, seperti Gadget, Computer, bahkan mobil pun kini dilengkapi oleh sistem Global Positioning System atau GPS, di jaman sekarang ini teknologi mempermudah kehidupan banyak orang dan dapat digunakan dalam berbagai hal, hal ini berbeda jauh dengan keadaan di jaman dulu, sekarang masing-masing orang memegang gadget yang slim sedangkan orang jaman dulu gadget-nya besar-besar dan tidak praktis, karena perkembangan jaman inilah banyak yang memanfaatkan Information technology atau IT dalam banyak hal salah satunya adalah promosi. Promosi terbagi menjadi beberapa cara melalui media sosial, dapat juga melalui foto, melalui vidio, promosi melalui media cetak salah satunya adalah melalui media komik. Lokasi dari Objek wisata Aer Mata Ebu adalah terletak di Dusun/Desa Buduran, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat pemerintahan. Hanya berjarak sekitar 16 km sebelah utara Kota Bangkalan. Sejarah dari objek wisata Aermata ebu yaitu, Ratu Syarifah Ambami adalah istri dari Raden Tjakradiningrat I, karena sering ditinggal oleh sang suami ke tanah jawa, untuk menahan rindu sang ratu pun sering melakukan pertapaan, dan memohon pada Allah SWT agar Madura dapat diperintah oleh tujuh turunan dari Raden Tjakradiningrat I, ketika sang suami tercinta pulang Ratu Syarifah Ambami pun menceritakan tentang pertapaanya pada sang suami, namun sang suami justru murka dan memintanya agar bertapa kembali dan meminta pada Allah SWT agar Madura dapat diperintah oleh seluruh keturunan dari Raden Tjakradiningrat I,Pada akhirnya wanita ahli tapa itu ditemukan wafat dalam keadaan berlinang air mata di tempat pertapaannya yaitu di Bukit Buduran, Sebagai nama dari objek wisata tersebut. Berdasarkan penjelasan sebelumnya maka penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut mengenai Pembuatan Komik Sejarah Aermata Ebu Sebagai Salah Satu Media Promosi Objek Wisata Aer Mata Ebu, Bangkalan, Madura. Metodologi penelitian yang dipilih oleh penulis yaitu penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Peneliti bertindak sebagai pengamat dan mengamati gejala, yang digunakan sebagai hasil observasi. Setelah menganalisa data dari proses observasi, berdasarkan rumusan masalah yang telah dibuat sebelumnya, penulis memulai proses pembuatan komik. Proses pembuatan komik dimulai dengan menentukan karakter dalam komik, membuat ilustrasi, pemilihan kostum karaker, setelah itu adalah pemilihan alur cerita, penulis memilih alur maju untuk alur cerita dalam komik. Yaitu dengan mengikuti alur cerita yang ada dalam sejarah tanpa mengubah sedikitpun alur yang ada. Melalui proses pembuatan komik sebagai sarana promosi, peneliti berharap objek wisata Aermata ebu dapat lebih dikenal oleh masyarakat umum dan dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW.17/16 Pra p
Uncontrolled Keywords: Wisata Madura, Promosi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT321-325 The city as an economic factor. City promotion
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
AULITA PRADNA P, 071210213027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorANDY UMARDIONO, S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 26 Apr 2016 02:16
Last Modified: 26 Apr 2016 02:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29950
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item