POTENSI MYCOTOXIN BINDERS TERHADAP KADAR ESTROGEN, EKSPRESI CASPASE 9 DAN GAMBARAN HISTOLOGI OVARIUM MENCIT BETINA (Mus musculus) YANG DIPAPAR ZEARALENON

NOWO SISWO YUWORO, 061214153008 (2016) POTENSI MYCOTOXIN BINDERS TERHADAP KADAR ESTROGEN, EKSPRESI CASPASE 9 DAN GAMBARAN HISTOLOGI OVARIUM MENCIT BETINA (Mus musculus) YANG DIPAPAR ZEARALENON. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
Halaman depan.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text
15.BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
16.BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
17.BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text
18.BAB 4 MATERI DAN METODE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
19.BAB 5 ANALISIS HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
20.BAB 6 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
21.BAB 7 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text
22.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
23.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pakan adalah bahan makanan tunggal atau campuran, baik yang diolah maupun yang tidak diolah, yang diberikan kepada hewan untuk kelangsungan hidup dan berkembang biak Jagung merupakan bahan pakan berenergi tinggi dengan kandungan protein yang relatif rendah jika dibandingkan dengan pakan biji-bijian lainnya. Zearalenon (ZEN) adalah mikotoksin yang dihasilkan oleh jamur Fusarium graminearum. Zearalenon dihasilkan ketika bahan pakan terutama jagung disimpan dalam lingkungan yang lembab. Zearalenon merupakan mikotoksin estrogen alami yang dapat menginduksi perubahan profil metabolik dan aktivitas sel dari organ uterus, hati, sumsum tulang belakang, otak, kelenjar mammae, dan sel granulosa dari cumulus oophorus pada hewan monogastrik. Zearalenon juga dapat memicu proliferasi sel yang tidak terkendali sehingga menginisiasi proses apoptosis jalur intrinsik. Mycotoxin binders mengandung bahan yang berpotensi besar untuk diserap termasuk karbon aktif aluminosilikat, selulosa, polisakarida, peptidoglikan, dan polimer sintetis seperti cholestryamine, polivinilpirolidon beserta turunannya sehingga diharapkan dapat mengurangi efek zearalenon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mycotoxin binders terhadap kadar estrogen, jumlah sel folikel primer, folikel sekunder, folikel tersier, folikel de Graaf, ekspresi proapoptotik antibodi caspase 9 organ ovarium mencit (Mus musculus) betina yang dipapar zearalenon. Hewan coba penelitian ini adalah mencit (Mus musculus) yang telah dibuntingkan sebanyak 20 ekor yang kemudian dibagi menjadi lima perlakuan dengan masing-masing empat ulangan, yaitu (K-) tidak dipapar zearalenon dan mycotoxin binders, (K+) dipapar zearalenon dosis 0,1 mg/ekor/hari, (P1) dipapar zearalenon dosis 0,1 mg/ekor/hari dan mycotoxin binders dosis 0,5 mg/ekor/hari, (P2) dipapar zearalenon dosis 0,1 mg/ekor/hari dan mycotoxin binders dosis 1 mg/ekor/hari, (P3) dipapar zearalenon dosis 0,1 mg/ekor/hari dan mycotoxin binders dosis 2 mg/ekor/hari. Pemberian perlakuan diberikan secara peroral dengan sonde selama 10 hari. Pengambilan sampel darah secara intracardia untuk pengukuran kadar estrogen dengan uji ELISA. Organ ovarium yang telah difiksasi kemudian diperiksa dengan menggunakan pewarnaan hematoksilin eosin dan uji imunohistokimia. Pengamatan dan skoring dilakukan secara mikroskopis dengan menggunakan mikroskop Olympus® CX-41 kemudian dianalisis statistik dengan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov. Jika terdistribusi normal akan dilakukan uji ANOVA. Apabila terdapat perbedaan yang nyata dilanjutkan dengan uji Fisher’s LSD. Jika tidak terdistribusi normal akan dilakukan uji Kruskal-Wallis. Apabila terdapat perbedaan yang nyata dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TBR o1 16 Yuw p
Uncontrolled Keywords: Mycotoxin binders, Zearalenone, Estrogen levels, Ovarian histology, Caspase 9, Female mice.
Subjects: Q Science
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
NOWO SISWO YUWORO, 061214153008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Abdul Samik, M.Si., DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 26 Apr 2016 08:55
Last Modified: 26 Apr 2016 08:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30015
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item