PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN (Studi Eksplanatif Mengenai Kualitas Layanan Sirkulasi Mandiri Menggunakan Multy Purpose Kiosk dan Multy Purpose Station Terhadap Kepuasan Pengguna di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

LINTANG PRIANA PUTRI (2015) PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN (Studi Eksplanatif Mengenai Kualitas Layanan Sirkulasi Mandiri Menggunakan Multy Purpose Kiosk dan Multy Purpose Station Terhadap Kepuasan Pengguna di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
11 BAB I Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
12 BAB II Gambaran Umum.pdf
Restricted to Registered users only until 19 March 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
13 BAB III Temuan Data.pdf
Restricted to Registered users only until 19 March 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
14 BAB IV Interpretasi dan Diskusi Teoritik.pdf
Restricted to Registered users only until 19 March 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
15 BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only until 19 March 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16 Daftar Pustaka .pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 March 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kegiatan layanan merupakan suatu kegiatan yang mempertemukan langsung antara petugas dan pemustaka, sehingga penilaian pemustaka terhadap perpustakaan akan muncul ketika kegiatan layanan berlangsung. Era globalisasi saat ini, kehadiran teknologi informasi tidak akan pernah lepas dari lingkungan organisasi yang bergerak dibidang jasa dan informasi. Di perpustakaan kehadiran teknologi informasi mempunyai peran yang sangat penting dalam pemberian layanan yang efektif dan efisien kepada pemustaka. Hal tersebut merupakan tolak ukur kualitas sebuah pelayanan perpustakaan untuk mengetahui kepuasan pengguna. Penelitian ini membahas mengenai kualitas layanan sirkulasi mandiri terhadap kepuasan pengguna. Dimensi kualitas layanan memiliki 5 komponen diantaranya yaitu, tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kuantitatif eksplanatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa aktif UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang berkunjung dan sering menggunakan Multy Purpose Kiosk dan Multy Purpose Station untuk memproses peminjaman dan pengembalian koleksi secara mandiri sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportionate Random Sampling. Data primer dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menyebarkan kuisioner. Untuk menguji hipotesis dilakukan dengan uji t dengan membandingkan nilai t hitung dengan t tabel pada tingkat kepercayaan 95% (α = 5%). Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa secara serempak kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna dalam memanfaatkan Multy Purpose Kiosk dan Multy Purpose Station untuk memproses peminjaman dan pengembalian koleksi secara mandiri. Dimensi yang paling mempengaruhi kepuasan pengguna perpustakaan UIN Sunan Kalijaga adalah dimensi reliability dan empathy karena mempunyai nilai t hitung > t tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 61,3% variabel kepuasan pengguna dapat dijelaskan oleh dimensi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati sedangkan sisanya sebesar 38,7% adalah merupakan pengaruh dari variabel bebas lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP 16/16 Put p
Uncontrolled Keywords: Dimensi kualitas layanan, Tingkat kepuasan, Multy Purpose Kiosk, Multy Purpose Station
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
LINTANG PRIANA PUTRINIM071116067
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKoko Srimulyo, Drs., M.SiNIDN0028026604
Depositing User: Diah Widjayanti
Date Deposited: 27 Apr 2016 06:32
Last Modified: 19 Mar 2020 08:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30050
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item