USULAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN ALAT KESEHATAN JENIS PEMBALUT LUKA DAN SARUNG TANGAN DENGAN METODE MULTI-CRITERIA ABC INVENTORY CLASSIFICATION WITH EXPONENTIAL SMOOTHING WEIGHTS DAN ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ)

AFIFAH AULIA ARIYANTI (2015) USULAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN ALAT KESEHATAN JENIS PEMBALUT LUKA DAN SARUNG TANGAN DENGAN METODE MULTI-CRITERIA ABC INVENTORY CLASSIFICATION WITH EXPONENTIAL SMOOTHING WEIGHTS DAN ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 6 May 2023.

Download (25MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 6 May 2023.

Download (23MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 6 May 2023.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran1.pdf
Restricted to Registered users only until 6 May 2023.

Download (26MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bidang kesehatan merupakan industri yang kompleks dengan banyak pemain di dalamnya mulai dari produsen, penyalur alat kesehatan, rumah sakit sampai ke pasien sebagai pengguna akhir. Salah satu pemain yang berperan penting dalam industri kesehatan adalah perusahaan Penyalur Alat Kesehatan (PAK). Persediaanmemiliki arti penting dalam operasional bisnis sebuah perusahaan, khusunya pada perusahaan PAK. Penelitian ini melakukan analisa terhadap pengendalian persedian pada PT. Azken Indonesia. Penelitian ini ditujukan pada persediaan jenis pembalut luka dan sarung tangan karena dua jenis persediaan ini memiliki permintaan tertinggi selama tahun 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah multi criteria ABC inventory classification with exponential smoothing weightsdan Economic Order Quantity (EOQ). Multi criteria ABC inventory classification with exponential smoothing weightsadalah metode pengklasifikasian persediaan untuk menentukan prioritas pengawasan dalam pengendalian persediaan. Kriteria yang dipakai yaitu pemakaian tahunan (annual dollar usage), jumlah yang telah dipesan oleh pelanggan (number of hits), dan nilai rata-rata per pesanan (average value per hit). Model EOQ dapat mengidentifikasi kuantitas pemesanan optimal dengan meminimasi jumlah dari biaya yang dikeluarkan. Hasil yang didapatkan dengan menggunakan metode multi criteria ABC inventory classification with exponential smoothing weights yaitu kelompok A sebanyak 11 item, kelompok B sebanyak 12 item, kelompok C sebanyak 25 item. Kemudian, hasil yang didapatkan dalam perhitungan total biaya persediaan tahun 2015 menggunakan metode perusahaan sebesar Rp 15.447.740,00 sedangkan dengan metode EOQ total biaya persediaan sebesar Rp 11.401.933,00. Efisiensi yang dihasilkan apabila perusahaan menggunakan metode EOQ sebesar Rp 4.045.807,00. Penelitian ini memberikan saran kepada PT. Azken Indonesia agar menggunakan metode multi criteria ABC inventory classification with exponential smoothing weightsuntuk mempermudah prioritas pengawasan pada persediaan dan menggunakan metode EOQ dalam melakukan pengendalian persediaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 124/16 Ari u
Uncontrolled Keywords: Pengendalian persediaan, pembalut luka, sarung tangan, multi criteria ABC inventory classification with exponential smoothing weights, dan EOQ
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
AFIFAH AULIA ARIYANTINIM041211231255
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPuspandam KatiasUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 02 May 2016 05:59
Last Modified: 06 May 2020 04:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30213
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item