ANALISIS SISTEM ANTRIAN PELAYANAN BONGKAR MUAT DAN USULAN PERBAIKAN UNTUK MENGURANGI WAKTU TUNGGU KAPAL PADA TERMINAL NILAM MULTIPURPOSE, PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA

DANIK PUTRI UTAMI, 041211232071 (2016) ANALISIS SISTEM ANTRIAN PELAYANAN BONGKAR MUAT DAN USULAN PERBAIKAN UNTUK MENGURANGI WAKTU TUNGGU KAPAL PADA TERMINAL NILAM MULTIPURPOSE, PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (sile lengkap)
ANALISIS SISTEM ANTRIAN PELAYANAN BONGKAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peningkatan arus perdagangan dan peti kemas di Indonesia setiap tahunnya menyebabkan peningkatan akan kebutuhan terminal untuk melakukan pelayanan bongkar muat. Saat ini semua terminal dituntut untuk menyediakan pelayanan yang semakin cepat agar tidak menimbulkan antrian berkepanjangan. Seperti hal nya di terminal Nilam Multipurpose yang khusus melayani bongkar muat berupa kontainer/peti kemas. Penelitian yang dilakukan oleh penulis ini bertujuan untuk menganalisis sistem antrian pelayanan yang ada di terminal tersebut dan sistem antrian pelayanan ideal yang seharusnya dicapai oleh terminal. Dari hasil pengolahan data menggunakan bantuan software IBM SPSS Statistic 21 didapatkan bahwa data telah memnuhi asumsi mengikuti pola distribusi Poisson. Dan berdasarkan hasil pengolahan data selanjutnya dengan menggunakan teori antrian didapatkan hasil bahwa waktu tunggu dalam sistem (Ws) saat ini adalah 1,52 hari ≈ 36,37 jam per kapal dengan prosentase waktu kosong dalam pelayanan (X) 23,05%. Sedangkan berdasarkan hasil simulasi didapatkan bahwa nilai Ws dan X berturut-turut adalah 1,23 hari ≈ 29,52 jam per kapal dan 38% dengan jumlah kapal sandar ideal 2 – 3 kapal. Kesimpulannya terminal masih belum bisa mencapai titik ideal yang seharusnya bisa dicapai. Sehingga penulis dalam hal ini memberikan beberapa usulan perbaikan, yakni dengan melakukan percepatan laju pelayanan, penambahan fasilitas layanan bongkar muat (Container Crane), dan melakukan preventive maintenance secara rutin dan dengan pengawasan yang ketat agar sesuai dengan prosedur yang seharusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.135/16 Uta a
Uncontrolled Keywords: Antrian, Waktu Tunggu, Layanan Bongkar Muat
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
DANIK PUTRI UTAMI, 041211232071UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPuspandam Katias, Drs.,MMUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 02 May 2016 08:40
Last Modified: 21 Jul 2022 06:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30235
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item