STRUKTUR DAN MAKNA CERPEN-CERPEN ANAK DALAM “ANTOLOGI KESUSASTRAAN ANAK JEPANG” OLEH ANTONIUS R. PUJOPURNOMO

PUTRI, ALIFIA TIFFANI, NIM. 121113024 (2016) STRUKTUR DAN MAKNA CERPEN-CERPEN ANAK DALAM “ANTOLOGI KESUSASTRAAN ANAK JEPANG” OLEH ANTONIUS R. PUJOPURNOMO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1. BAB I PENDAHULUAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II STRUKTUR CERPEN-CERPEN DALAM ANTOLOGI KESUSASTRAAN)
2. BAB II STRUKTUR CERPEN-CERPEN DALAM ANTOLOGI KESUSASTRAAN ANAK JEPANG KARYA ANTONIUS R. PUJOPURNOMO .pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III MAKNA CERPEN-CERPEN DALAM ANTOLOGI KESUSASTRAAN ANAK)
3. BAB III MAKNA CERPEN-CERPEN DALAM ANTOLOGI KESUSASTRAAN ANAK JEPANG KARYA ANTONUIS R. PUJOPURNOMO .pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
4. BAB IV PENUTUP .pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (RINGKASAN DALAM BAHASA JEPANG)
5. RINGKASAN DALAM BAHASA JEPANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sastra anak adalah sastra yang khusus ditujukan untuk anak-anak. Selain menawarkan cerita yang menyenangkan, sastra anak juga menawarkan cerita kesedihan sebagai salah satu cara untuk mengajarkan anak-anak akan arti kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan struktur cerita anak dan keterkaitan antar unsurnya dalam menghasilkan makna cerita. Cerita yang menjadi objek penelitian ini adalah lima cerpen dalam Antologi Kesusastraan Anak Jepang yang mengandung cerita kesedihan di dalamnya. Untuk mengungkap struktur dan pemaknaan cerita, penelitian ini menggunakan teori struktural dengan metode baca struktural, yaitu metode membaca keseluruhan cerita guna mengungkap struktur dari masing-masing cerita. Setelah itu, penelitian dilanjutkan dengan pemaknaan cerita berdasarkan struktur cerita yang telah di temukan. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa pemaknaan cerita berdasarkan strukturnya memunculkan nilai-nilai yang mengajarkan pendidikan moral, kebudayaan, serta spirit kejepangan kepada anak-anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-1 FS J 03/16 Put s
Uncontrolled Keywords: sastra anak, struktur cerita, makna cerita, nilai moral
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Creators:
CreatorsEmail
PUTRI, ALIFIA TIFFANI, NIM. 121113024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBramantio, S.S., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 03 May 2016 01:22
Last Modified: 03 May 2016 01:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30263
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item