PENGEMBANGAN OBAT HERBAL MELALUI TEKNOLOGI PHYTOSOM DAN METABOLOMIC SEBAGAI JAMINAN EFEKTIVITAS, KEAMANAN DAN KUALITASNYA

Idha Kusumawati, . (2011) PENGEMBANGAN OBAT HERBAL MELALUI TEKNOLOGI PHYTOSOM DAN METABOLOMIC SEBAGAI JAMINAN EFEKTIVITAS, KEAMANAN DAN KUALITASNYA. AIRLANGGA UNIVERSITY PRESS, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ORASI ILMIAH)
PG 08.16.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sampai saat ini produk obat herbal belum diterima sepenuhnya untuk masuk dalam sistem pelayanan kesehatan formal di negara kita. Hal ini sangat berbeda dengan keadaan di N egara seperti Cina, Korea dan India, yang telah mengintegrasikan cara dan pengobatan tradisional dalam sistem pelayanan kesehatan formal. Alasan utamanya adalah pembuktian ilmiah mengenai efektivitas, keamanan dan kualitasnya yang masih sangat kurang. Di lain pihak, kenyataan yang terdapat pada masyarakat, obat herbal banyak digunakan sebagai obat alternatifkarena mahalnya harga obat, terutama dengan adanya kepercayaan bahwa obat herballebih aman dibandingkan dengan obat modern/sintetis. Selain untuk memelihara kesehatan dan mengobati penyakit yang ringan, yang mengkhawatirkan adalah obat herbal juga digunakan masyarakat untuk mengobati penyakit kanker, diabetes, hipertensi dan berbagai penyakit kronis lain tanpa pengawasan atau sepengetahuan dokter. Tentunya hal ini sangat memprihatinkan. Permasalahan tersebut menjadi tantangan bagi para peneliti obat herbal untuk dapat mengembangkan obat herbal yang berbasis ilmiah sehingga dapat diterima dalam sistem pelayanan kesehatan formal sekaligus dapat melindungi masyarakat dengan menyediakan obat herbal yang terjamin efektivitas, keamanan dan kualitasnya serta harga yang terjangkau.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 PG.06/14 Kus p
Uncontrolled Keywords: OBAT HERBAL; TEKNOLOGI PHYTOSOM; METABOLOMIC
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: Pidato Guru Besar
Creators:
CreatorsEmail
Idha Kusumawati, .UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 03 May 2016 01:39
Last Modified: 23 May 2016 10:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30270
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item