PIDATO REKTOR PADA SIDANG UNIVERSITAS AIRLANGGA Dl HADAPAN SIDANG UNIVERSITAS AIRLANGGA DALAM RANGKA DIES NATALIS KE-56 : DENGAN SAINS DAN TEKNOLOGI BERBASIS MORALITAS MENUJU UNIVERSITAS KELAS DUNIA BERWAWASAN KEBANGSAAN

FASICH (2010) PIDATO REKTOR PADA SIDANG UNIVERSITAS AIRLANGGA Dl HADAPAN SIDANG UNIVERSITAS AIRLANGGA DALAM RANGKA DIES NATALIS KE-56 : DENGAN SAINS DAN TEKNOLOGI BERBASIS MORALITAS MENUJU UNIVERSITAS KELAS DUNIA BERWAWASAN KEBANGSAAN. AIRLANGGA UNIVERSITY PRESS, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text (ORASI ILMIAH)
30343_PG 02.14 KE 56-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Alasan pemilihan tema besar yang berkaitan dengan world class university: adalah karena seperti kita ketahui bersama, pada saat ini dunia pendidikan tinggl di seluruh dunia sedang bergegas dan berlomba untuk mendapatkan pengakuan sebagai universitas berkelas dunia. Fenomena itu secara jelas mengindikasikan terjadinya peningkatan kebutuhan manusia akan pendidikan tinggi yang mampu menghasilkan lulusan berkualitas dunia. Keadaan ini tentunya merupakan sebua~ sinyal bagi per lunya reformasi ter hadap manajemen sistem pendidikan sebagal langkah untuk melakukan adaptasi di tengah perubahan teknologi dan kondisi sosial dunia. Dengan demikian, image tradisional tentang sebuah perguruan tinggi yang bersembunyi dibalik menara gading d~n kebal terhadap perubahan sudah saatnya diubah karena tidak sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan zaman. Langkah internasionalisasi bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat sudah ditetapkan dalam Roadmap Internasionalisasi Universitas Airlangga Tahun 2010-2015, yang sejalan dengan perkembangan kebutuhan seperti tersebut di atas. Sedangkan latar belakang pemilihan sub tema tersebut adalah terkait antisipasi Universitas Airlangga yang berstatus Badan Hukum Milik Negara terhadap kebutuhan akan reformasi manajemen sistem pendidikan yang dapat lebih memberdayakan lulusan dalam memenangkan persaingan. Hal itu terliha~ melalui visi untuk menjadi universitas yang mandiri, inovatif, terkemuka dl tingkat nasional dan internasional, menjadi pelopor dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora dan seni berdasarkan moral agama. Strategi pengembangan bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang ditetapkan universitas sudah dan sedang dilaksanakan secara sungguh-sungguh dengan jiwa dan semangat Excellence with morality. Penyelenggaraan universitas untuk mencapai tujuan sesuai dengan run1l1San visi dan misi yang telah dltetapkan tersebut dilakukan secara terintegrasi pada sen1ua bldang trldharma perguruan tinggi, yang sejalan dengan arah pengembangan dalam Renstra Pendidikan Tinggi.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 PG.02/14 Fas p
Uncontrolled Keywords: SAINS DAN TEKNOLOGI; MORALITAS; UNIVERSITAS KELAS DUNIA; BERWAWASAN KEBANGSAAN
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q1-390 Science (General)
Divisions: Pidato Guru Besar
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FASICHUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 03 May 2016 05:40
Last Modified: 20 Jun 2017 21:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30343
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item