MASALAH PENDUDUK USIA LANJUT, SEBUAH TELAAH SOSIO DEMOGRAFIK

IDA BAGUS WIRAWAN, . (2009) MASALAH PENDUDUK USIA LANJUT, SEBUAH TELAAH SOSIO DEMOGRAFIK. AIRLANGGA UNIVERSITY PRESS, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (PIDATO GURU BESAR)
PG 164.10.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

8emakin panjang usia seseorang -- sangat besar kemungkinan permasalahan yang harus dihadapi juga semakin kompleks baik sebagai individu maupun komunitas (keluarga dan masyarakat) yang lebih luas. Persoalan kesehatan, sosial, psikologi, ekonomi, dan demografik sangat mungkin menjadi masalah serius bagi sebagian besar "Usil", dan ini bergantung kepada latar belakang masingmasing orang (strata sosial tertentu) yang berumur panjang. Ketika orang mulai memasuki proses penuaan dalam rentang usia yang terus bertambah panjang, kita semua mengetahui (tetapi belum tentu menyadari) - akan mengalami proses penurunan fisik (degeneratif) dengan segala variasinya. Percaya atau tidak, dulu saat usia 20-an cepat sekali "on" sekarang gampang "down". Dulu tidur berhadapan--sekarang tidur adu pantat. Dulu suka pakai minyak wangi--sekarang sering pakai minyak angin. Dulu kencing asin sekarang kencing manis, jika dulu korbankan kesehatan untuk kekayaan, sekarang korbankan kekayaan untuk kesehatan. Sekarang membaca makin jauh, kencing makin dekat. Dulu biasa makan enak, sekarang biasa minum ohat. 8ekarang "pemasukan" meningkat, tetapi "pelayanan" menurun, demikian seterusnya, dan kondisi semacam inilah yang saya maksud dengan "Usil" (Usia lanjut).

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 PG.164/10 Wir m
Uncontrolled Keywords: PENDUDUK USIA LANJUT; SOSIO DEMOGRAFIK
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
Divisions: Pidato Guru Besar
Creators:
CreatorsEmail
IDA BAGUS WIRAWAN, .UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 03 May 2016 06:31
Last Modified: 03 May 2016 06:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30361
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item