INTENSIFIKASI PENELITIAN DAN PENDIDIKAN BIDANG MIKROBIOLOGI KEDOKTERAN SEBAGAI PENDEKATAN PADA MASALAH GLOBAL TUBERKULOSIS

NI MADE MARTANIASIH (2008) INTENSIFIKASI PENELITIAN DAN PENDIDIKAN BIDANG MIKROBIOLOGI KEDOKTERAN SEBAGAI PENDEKATAN PADA MASALAH GLOBAL TUBERKULOSIS. AIRLANGGA UNIVERSITY PRESS, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (PIDATO GURU BESAR)
PG 261.10.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejarah pemikiran manusia, selalu ingin mencari pengetahuan yang diharapkan mendekati sempurna. Perjalanan menuju pengetahuan yang mendekati sempurna merupakan suatu usaha umat manusia yang terus-menerus, tidak mengenal lelah, hal ini disebabkan adanya dua dorongan kuat, pertama untuk MEMPERBAIKI HIDUP dengan menaklukkan fenomena alam, kedua hasrat in gin mengerti dan menjelaskan segala sesuatu di sekelilingnYa. Pengumpulan pengetahuan dan pengalaman selama perjalanan sejarah, manusia menemukan jalan untuk pendekatan kebenaran (Rukmono, 1981). Kemampuan mengumpulkan dan mencatat kejadian secara teliti, tertib dan teratur; kemampuan melakukan abstraksi berdasar kesamaan dan keteraturan atau perbedaan, aktivitas ini merupakan bagian proses perkembangan ilmu pengetahuan. Pada awalnya (zaman purba), manusia mencari kebenaran dengan penemuan secara kebetulan atau trial and error (passive - receptive mind). Pada zaman Yunani ditandai corak pemikiran baru, INQUIRING MIND, yang menjadi dasar ilmu p engetahuan modern; dimulai adanya pertanyaan yang diajukan dan direnungkan, dilanjutkan dengan pemeriksaan, pengamatan atau penelitian. Pertanyaan yang relevan, mendorong penanya untuk terus-menerus melakukan pemikiran dan penelitian.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK PG.261/10 Mer i
Uncontrolled Keywords: MIKROBIOLOGI KEDOKTERAN; TUBERKULOSIS
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC306-320.5 Tuberculosis
Divisions: Pidato Guru Besar
Creators:
CreatorsNIM
NI MADE MARTANIASIHUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 03 May 2016 06:46
Last Modified: 03 May 2016 06:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30369
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item