ANESTESIOLOGI & REANIMASI DALAM MILLENIUM III Sumbangannya kepada dunia ilmu kedokteran dan peranannya dalam meningkatkan mutu kesehatan dl Indonesia

EDDY RAHARDJO, . (2000) ANESTESIOLOGI & REANIMASI DALAM MILLENIUM III Sumbangannya kepada dunia ilmu kedokteran dan peranannya dalam meningkatkan mutu kesehatan dl Indonesia. AIRLANGGA UNIVERSITY PRESS, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (PIDATO GURU BESAR)
PG 212.10.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pembedahan atau operasi adalah satu tehnik penyembuhan medik, yang menciptakan banyak keajaiban. Ilmu bedah telah dikenal dan dikembangkan sejak awal peradaban manusia, meskipun dalam satu dan lain hal tentu berbeda sekali dari apa yang kita kenali masa kini. IImu bedah masa kini sudah menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan dari kehidupan modern. Kita lihat keberhasilan cangkok jantung di Amerika dan Eropa. Di Surabaya kit a juga mencatat keberhasilan cangkok ginjal, keberhasilan bedah rekonstruktif ortopedi untuk re-implantasi jari dan tangan yang terpotong hingga kembali berfungsi, bedah tumor, bedah plastik dan bedah syaraf mikroskopik. Di Surabaya tiap tahun dikerjakan lebih dari 25.000 pembedahan. Semua keberhasilan dan keajaiban itu dihasilkan melalui sayatan pisau dan gunting serta tusukan jarum jahit untuk merapikannya kembali. Jika suatu hari dokter mengatakan bahwa hidup kita hanya dapat diperpanjang atau diperbaiki dengan pembedahan, ketakutan apa yang dalam seketika pasti akan mencekam fikiran kita? Tiada lain dari ketakutan akan rasa NYERI. Nyeri adalah sensasi yang paling mendasar dan penting dalam fisiologi dan evolusi manusia. Karena dari nyeri manusia mengenali bahaya dan dapat dengan segera menghindari ancaman dan kerusakan yang lebih membahayakan. Tetapi nyeri adalah perasaan yang paling ditakuti oleh semua mahluk hidup.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK PG.212/10 Rah a
Uncontrolled Keywords: ANESTESIOLOGI; REANIMASI
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: Pidato Guru Besar
Creators:
CreatorsEmail
EDDY RAHARDJO, .UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 03 May 2016 07:23
Last Modified: 14 Jun 2017 18:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30376
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item