ANALISIS PENERAPAN SISTEM PERSEDIAAN DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY PADA PRODUK MIE INSTAN DI SATIVA MART KEDIRI

IQBAL DIAN FADLY, 040710627 (2013) ANALISIS PENERAPAN SISTEM PERSEDIAAN DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY PADA PRODUK MIE INSTAN DI SATIVA MART KEDIRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-fadlyiqbal-28659-5.abstr-i.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
3038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ritel di Indonesia merupakan bidang usaha yang tengah berkembang pesat saat ini. Perkembangan ini didukung dengan tuntutan kepuasan konsumen yang menginginkan adanya sarana belanja yang nyaman dan mampu memberikan pelayanan yang prima. Sativa mart Kediri merupakan ritel yang menjual barangbarang kebutuhan sehari-hari. Salah satunya adalah produk mie instan. Ketidakpastian permintaan produk mie intan ini mengakibatkan seringnya terjadi kehabisan persediaan maupun kelebihan persediaan. Dibutuhkan pengendalian biaya optimal agar peritel mampu mencapai titik efisien maupun efektifitas. Selain itu dibutuhkan metode peramalan untuk mengantisipasi ketidakpastian tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengestimasi kuantitas permintaan periode mendatang pada produk mie instan di Sativa Mart Kediri, menentukan tingkat kuantitas pemesanan optimal di sativa Mart Kediri, dan menentukan titik pemesanan kembali optimal Sativa Mart Kediri. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan metode EOQ (Economic Order Quantity), Sativa Mart disarankan untuk menambah kuantitas dan mengurangi frekuensi pemesanannya terhadap produk produk mie instan, atau sesuai dengan hasil perhitungan metode EOQ. Dengan menerapkan metode EOQ ini, Sativa Mart Kediri mampu menghemat biaya persediaan sebesar 50%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 224/13 Fad a
Uncontrolled Keywords: ECONOMIC ORDER QUANTITY
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
IQBAL DIAN FADLY, 040710627UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorYetti Dwi Lestari, SE.,MT.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 11 Dec 2013 12:00
Last Modified: 08 Jun 2017 15:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3038
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item