Gambaran Laki-Laki Maskulin Pada Iklan TVC Produk Sabun Wajah Untuk Pria (Analisis Semiotik Iklan Nivea Men Fuji Ice Mud, Garnier Men Double White Foam Baru - Hadapi Tantangan, Ponds Men Pollution Out, dan Mens Biore Bull Race)

AGRADI ARYATAMA, 071115010 (2015) Gambaran Laki-Laki Maskulin Pada Iklan TVC Produk Sabun Wajah Untuk Pria (Analisis Semiotik Iklan Nivea Men Fuji Ice Mud, Garnier Men Double White Foam Baru - Hadapi Tantangan, Ponds Men Pollution Out, dan Mens Biore Bull Race). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (736kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus penelitian ini adalah mengungkap bagaimana maskulinitas digambarkan dalam empat iklan TVC sabun wajah untuk pria. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan memaknai konsep maskulinitas yang di gambarkan pada laki-laki dalam masing-masing iklan TVC sabun wajah untuk pria. Penelitian ini menarik karena membandingkan gambaran maskulinitas pada masing-masing iklan TVC sabun wajah untuk pria Dalam riset ini, peneliti akan menggunakan analisis tekstual semiotik Roland Barthes dimana akan menggunakan tiga tahapan dalam membedah teks, dalam hal ini teks ialah iklan. Maka tahapan pertama ialah dengan mengaitkan secara langsung antara lambang dengan realitas atau gejala yang ditunjuk (denotasi), lalu tahapan kedua memaknai subjektif atau emosionalnya (konotasi), dan tahapan terakhir ialah mitos. Sehingga hasil dari tiga tahapan ini peneliti dapat mengungkap gambaran maskulinitas dalam iklan TVC sabun wajah untuk pria. Paradigma yang peneliti gunakan ialah interpretative social science. Dengan menggunakan tinjuan pustaka melalui teori maskulinitas, iklan sebagai media representasi, jarak dan angle kamera (shot), teori maskulinitas dan iklan perawatan tubuh, teori semiologi roland barthes dan representasi maskulinitas di media massa Berdasarkan rumusan masalah dari riset ini, hasil yang didapatkan peneliti mengenai gambaran maskulinitas dalam iklan TVC sabun wajah untuk pria ialah, laki-laki digambarkan aktif di ruang publik dengan segala kegiatan maskulinitasnya. Ada yang digambarkan dengan kegiatan tinju, motor, sampai kegiatan extreme. Dalam semua iklan laki-laki juga digambarkan memiliki beberapa ciri dari laki-laki metroseksual. terdapat gambaran kelas sosial yang di gambarkan dengan fashion yang dipakai talent pada beberapa iklan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.21/16 Ary g
Uncontrolled Keywords: Mitos, Representasi, Maskulin, Laki-laki, Iklan, Semiotik
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
AGRADI ARYATAMA, 071115010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDRendy Pahrun Wadipalapa, MAUNSPECIFIED
Depositing User: Novita
Date Deposited: 03 May 2016 10:07
Last Modified: 14 Jun 2017 18:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30389
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item