REPRESENTASI USTADZ DALAM IKLAN TELEVISI TELKOMSEL IBADAH DAN INDONESIA GENGGAM INTERNET VERSI USTADZ MAULANA

CHAHYA RAMADHAN, 071115042 (2015) REPRESENTASI USTADZ DALAM IKLAN TELEVISI TELKOMSEL IBADAH DAN INDONESIA GENGGAM INTERNET VERSI USTADZ MAULANA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada representasi Ustadz yang ditampilkan dalam iklan televisi jaringan seluler Telkomsel yaitu iklan “Telkomsel Ibadah” dan “Indonesia Genggam Internet versi Ustadz Maulana” yang ditayangkan pada tahun 2013 dan 2014. Pemilihan tayangan iklan tersebut sebagai subjek penelitian karena pada kedua iklan ini terjadi pergeseran dimana Ustadz bukanlah melakukan dakwah melainkan melakukan pengenalan aplikasi serta edukasi internet, selain itu Telkomsel menyatakan dirinya sebagai satu-satunya jaringan seluler Indonesia yang didukung oleh seluruh operator di Arab Saudi ketika para pelanggan sedang melakukan ibadah di negara tersebut. Penelitian ini ingin melihat bagaimana sosok Ustadz direpresentasikan pada iklan televisi tersebut. Untuk dapat menjelaskan bagaimana sosok Ustadz tersebut digambarkan, peneliti menggunakan teori representasi dengan metode semiotik milik Charles Sander Peirce. Melalui segitiga makna milik Pierce, peneliti melakukan identifikasi berdasarkan sign, object, dan interpretant. Melalui penelitian ini ditemukan bahwa sosok Ustadz digambarkan sebagai sosok yang terkenal, tanggap akan teknologi, dan pribadi yang ceria. Hal ini ditemukan melalui identifikasi dan analisis menggunakan tanda-tanda yang terdapat pada iklan sebagai bahan untuk peneliti melakukan interpretasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.22/16 Ram r
Uncontrolled Keywords: semiotik Pierce, Ustadz, iklan televisi, Telkomsel
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
CHAHYA RAMADHAN, 071115042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M.Med.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Novita
Date Deposited: 03 May 2016 10:22
Last Modified: 03 May 2016 10:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30391
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item