IDENTITAS DALAM AKUN INSTAGRAM SELEBRITI PEREMPUAN INDONESIA (ANALISIS TEKSTUAL FOTO SELEBRITI PEREMPUAN INDONESIA)

Sincletica Margareth Unus Pasi, 071211532026 (2016) IDENTITAS DALAM AKUN INSTAGRAM SELEBRITI PEREMPUAN INDONESIA (ANALISIS TEKSTUAL FOTO SELEBRITI PEREMPUAN INDONESIA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (826kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Other (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan identitas yang dipresentasikan oleh selebriti perempuan Indonesia melalui akun Instagram yang dimilikinya. Selebriti merupakan orang-orang yang terkenal, baik dari kalangan para artis (seniman, penyanyi, pemusik, actor, actress), para atlit, pejabat, dan lainnya yang terkenal dikalangan masyarakat karena prestasinya didalam bidangbidang yang berbeda. Instagram adalah media sosial yang mempunyai kelebihan dalam mengonstruksi suatu realitas yang diwujudkan dalam bentuk visual yaitu foto dan video. Selebriti dan kehidupannya menjadi penting untuk dibahas ketika menyangkut identitasnya, karena selebriti merupakan bagian dari sistem, yang dianggap membawa pengaruh bagi kehidupan masyarakat, sehingga identitas yang menempel pada selebriti akan mempengaruhi sistem kehidupan sosial masyarakat yang menjadikan selebriti tersebut sebagai role mode. Untuk mendeskripsikan hal tersebut, peneliti endeskripsikan identitas yang dipresentasikan oleh selebriti perempuan indonesia yang dijabarkan menggunakan pendekatan semiotika sosial dengan menekankan pada makna konotatif dan denotatif pada foto-foto di instagram selebriti perempuan indonesia yang menjadi objek penelititan, yaitu Syahrini dan Angel Lelga. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif menggunakan analisis semiotika dengan menginterpretasi data berupa foto, likes, caption, dan komentar pada foto di instagram. Kesimpulan penelitian ini adalah instagram digunakan sebagai media untuk mempresentasikan identitas diri oleh selebriti perempuan Indonesia, dan identitas yang dipresentasikan oleh selebriti perempuan Indonesia melalui akun instagramnya adalah seseorang yang erat kaitannya atau tidak pernah terlepas dari kesan mewah, tergabung dalam suatu kelompok pertemanan yang beranggotakan individu yang mempunyai kesamaan latar belakang, selalu menghabiskan waktu luangnya untuk mendapatkan hiburan, dan terlibat dalam aktivitas sosial yang dapat disimpulkan bahwa kedua selebriti perempuan tersebut juga memiliki identitas sebagai seorang sosialita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKN KK-2 FIS.K. 13/16 Pas i
Uncontrolled Keywords: Presentasi diri, Identitas, Semiotika Sosial, Selebriti, Sosialita,Instagram
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Sincletica Margareth Unus Pasi, 071211532026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachma Ida, Prof. Dra., M.com., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 04 May 2016 05:58
Last Modified: 14 Jun 2017 19:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30451
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item