PENDEKATAN TEKNOLOGI BIOLOGl MOLEKULER UNTUK MEMAHAMI KARAKTERISTIK PARASIT DAN VEKTOR MALARIA DALAM RANGKA MENDUKUNG STRATEGI PENANGGULANGAN DIMASA MENDATANG

YOES PRIJATNA DACHLAN (1996) PENDEKATAN TEKNOLOGI BIOLOGl MOLEKULER UNTUK MEMAHAMI KARAKTERISTIK PARASIT DAN VEKTOR MALARIA DALAM RANGKA MENDUKUNG STRATEGI PENANGGULANGAN DIMASA MENDATANG. AIRLANGGA UNIVERSITY PRESS, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (PIDATO GURU BESAR)
PG.257-10 Dac p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Situasi malaria di dunia tidak menunjukkan ~epidemiologis yang bemrti semenjak lebih dari 20 tabun yang laln. Malariamasilltetap eudemis eli 102 nepra iii dunia dan lebih dari setengah pendudtik dUllia masih terancam. malaria. Upaya keras telah dilakukan untuk membasmi dan atengenda.likan penyakit malaria iii abad ini, namun infeksi Pfasmoditmtfaldpll1'IIIIf terns berlanjut sebagai penyebab utama kesakitan dan kematian pada manusia eli. daerah tropis. Jumlah kasus yang llilaporkan meningkat sepanjang dua dekade terakhir ini dan diperkimkan bahwa malaria falciparum menyebabkan sekitar 270-480 juta kasus klinis, dan 1-2 juta kematian per tabun. Sementara penyakit malaria menunjukkan kecenderungan menurun iii beberapa negara, seperti halnya Cina dan India, di pihak lain sebaliknya malaria memperlihatkan dampak yang lebih buruk di kebanyakan daerah-daerah pedesaan dimana justru pengembangan ekonomi sedang meningkat, khususnya iii negaranegara Asia dan daerah Amazon Amerika Latin. Parasit dan vektor, kedua-duanya adalah organisme yang bereproduksi cepat, ditambah dengan kemampuannya yang tinggi dalam menimbulkan ledakan epidemik serta kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungannya melalui pengaturan genetik yang justru terpacu akibat intervensi program pemberantasan merupakan masalah yang kompleks. Bagi golongan anak·anak. yang tinggal di daerah endemis, malaria memberikan dampak negatifyang serius, oleh karena tidak hanya berakibat kematian saja tetapi juga menghambat perturnbuhan, kesegaran jasmani serta pendidikan. Bagi orang dewasa non imun yang terpapar P. Ja/.cipll1'lllfI pertama kali menunjukkan resiko kematian yang tinggi, sedangkan pada orang. dewasa dengan kekebalan parsial mengakibatkan penyakit menjadi kronis atau mendapat infeksi berulang yang dapat menurunkan produktifitas ekonomik dan sosial.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK257/10 Dac p
Uncontrolled Keywords: BIOLOGI MOLEKULER; PARASIT; VEKTOR MALARIA
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC109-216 Infectious and parasitic diseases
Divisions: Pidato Guru Besar
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
YOES PRIJATNA DACHLANUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 09 May 2016 08:44
Last Modified: 09 May 2016 08:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30524
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item