EFEK MEDIASI PSYCHOLOGICAL SENSE OF COMMUNITY PADA PENGARUH IDENTITAS SOSIAL TERHADAP PERILAKU BERBAGI PENGETAHUAN DI KOMUNITAS VIRTUAL IPHONESIA

AGYL PRIA HANANTA, 040610242 (2013) EFEK MEDIASI PSYCHOLOGICAL SENSE OF COMMUNITY PADA PENGARUH IDENTITAS SOSIAL TERHADAP PERILAKU BERBAGI PENGETAHUAN DI KOMUNITAS VIRTUAL IPHONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-hanantaagy-28854-5.abstr-i.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemajuan dunia teknologi informasi memacu pengguna untuk berinteraksi lebih jauh dan menjalin hubungan yang erat dengan sesama di dalam komunitas virtual. Komunitas virtual berjalan berdasarkan kesadaran anggota yang merasakan hubungan intrinsik dengan anggota yang lain, yang ditandai dengan tradisi dan ritual saling berbagi pengetahuan. Selain itu komunitas didukung oleh ikatan rasa psikologis komunitas (Psychological sense of community) anggota seperti rasa psikologis akan status keanggotaan, penghargaan, keinginan mendapatkan sesuatu di dalam komunitas, dan perasaan untuk membagi pengalaman akan produk memicu seseorang untuk berperilaku di dalam komunitas. Komunitas virtual yang dibahas dalam penelitian ini adalah iPhonesia (iDevice Photographer Indonesia) yang menggunakan kamera iDevice (iPhone,Ipad, Ipod) untuk aktifitas memotret. Komunitas ini merupakan komunitas fotografi ponsel Apple terbesar di Indonesia dimana mereka membagi pengetahuan di mailing list dan social media Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah efek identitas sosial dalam komunitas iPhonesia terhadap perilaku berbagi pengetahuan di dalam komunitas. Responden penelitian berjumlah 153 anggota yang tergabung dalam milis iPhonesia. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah identitas sosial (kognitif, afektif, evaluatif), sedangkan variabel terikat adalah perilaku berbagi pengetahuan (co-production dan co-consumption), serta Psychological sense of Community digunakan sebagai variabel mediasi. Teknik analisis yang digunakan adalah structural equation modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa identitas sosial yang dimiliki anggota iPhonesia tidak cukup memotivasi mereka untuk membagi pengetahuannya, namun Psychological sense of Community terbukti secara signifikan memediasi hubungan identitas sosial dan perilaku berbagi pengetahuan di dalam komunitas iPhonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 256/13 Han e
Uncontrolled Keywords: PRODUCT VIRTUAL COMMUNITY; GROUP IDENTITY
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AGYL PRIA HANANTA, 040610242UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBAdri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 18 Dec 2013 12:00
Last Modified: 02 Aug 2016 10:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3071
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item