Pengaruh Citra Kepulauan Karimunjawa pada Sikap dan Perilaku Wisatawan: Efek Moderasi Gender

Sukoco, Badri Munir (2013) Pengaruh Citra Kepulauan Karimunjawa pada Sikap dan Perilaku Wisatawan: Efek Moderasi Gender. In: Seminar Nasional APMMI II: Regional Competitiveness, Creative Economy and Entrepreneurship, 28 - 30 Oktober 2013, Mataram.

[img] Text (Prosiding)
21_Badri_Prosiding APMMI 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Peer review)
peer review_Badri_reviewer021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy

Abstract

Kontribusi pariwisata terhadap pembangunan suatu wilayah, bahkan negara, makin hari semakin signifikan. Hal ini dikarenakan meningkatnya pendapatan per kapita di hampir semua negara dan pada saat yang sama mobilitas wisatawan, baik yang domestik maupun mancanegara, terfasilitasi dengan kehadiran layanan penerbangan berbiaya murah (low-cost carrier services). Daya tarik sebuah tempat wisata menjadikan sikap wisatawan positif, sehingga menyebabkan mereka tertarik untuk mengunjungi dan merekomendasikan ke wisatawan lainnya. Penelitian ini memfokuskan diri bagaimana pengaruh citra sebuah tujuan wisata (destination image), dalam hal ini Kepulauan Karimunjawa, mempengaruhi sikap wisatawan yang nantinya berkontribusi dalam membentuk perilakunya. Selain itu, penelitian ini mencoba menguji secara empiris adakah perbedaan pengaruh citra Kepulauan Karimunjawa terhadap sikap wisatawan bilamana gendernya berbeda. Menggunakan survey pada 200 wisatawan yang sedang berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa, hasil ini mengkonfirmasi pendapat sebelumnya bahwa sikap positif wisatawan akan mendorong mereka untuk berkunjung kembali dan merekomendasikannya ke saudara atau teman dekat. Sikap yang dimiliki itu terbentuk oleh citra Kepulauan Karimunjawa yang dimiliki wisatawan, baik yang kognitif, unik, dan afektif. Pengaruh citra yang unik dan afektif terhadap sikap wisatawan termoderasi oleh gender, dimana wisatawan laki-laku cenderung memiliki sikap yang stabil meskipun citra yang mereka miliki tentang Kepulauan Karimunjawa tinggi atau rendah. Namun bagi wisatawan perempuan, citra yang tinggi (unik dan afektif) akan Kepulauan Karimunjawa meningkatkan sikapnya. Sebaliknya, sikap tersebut akan mencapai titik terendah bila citra tersebut memiliki nilai yang rendah. Implikasi akademis dan manajerial akan lebih lanjut didiskusikan pada tulisan ini.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Destination image, sikap turis, perilaku turis, gender, dan Karimunjawa
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Artikel Ilmiah
04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Sukoco, Badri Munirbadri@feb.unair.ac.id
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 30 May 2016 07:26
Last Modified: 02 Jun 2016 05:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30746
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item