Pengaruh Sense of Community terhadap Berbagi Pengetahuan pada Komunitas Nikon: Efek Moderasi Individualisme Anggota (bersama dengan Arya Martin Setiawan)

Sukoco, Badri Munir (2013) Pengaruh Sense of Community terhadap Berbagi Pengetahuan pada Komunitas Nikon: Efek Moderasi Individualisme Anggota (bersama dengan Arya Martin Setiawan). In: FORUM MANAJEMEN INDONESIA (FMI) KE-5, 23·24 Oktober 2013, Aula Bank Indonesia Pontianak, Istana Rakyat Kalbar & Hotel Mercure Pontianak.

[img] Text (Prosiding)
22_Badri_Prosiding FMI 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Peer Review)
peer review_Badri_reviewer022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan nilai guna dan inovasi pada produk dapat melibatkan konsumen melalui co-consumption (berbagi pengetahuan dengan anggota) dan co-production (berbagi pengetahuan dengan produsen). Fenomena ini semakin masif terjadi di dalam komunitas virtual. Peneliti berargumen bahwa sense of community yang dimiliki anggota berkontribusi pada coconsumption dan co-production, dan pengaruhnya akan menguat bila anggota memiliki tingkat individualisme yang rendah. Sense of community pada komunitas virtual tersebut dibentuk oleh seberapa bagus kualitas informasi dan sistem jejaring sosial yang ada. Peneliti menguji hipotesa yang diajukan dengan mendistribusikan kuesioner kepada 200 anggota komunitas Nikon. Hasil analisa menunjukkan bahwa kualitas informasi yang didiskusikan dan sistem yang digunakan membentuk sense of community dikalangan anggota komunitas Nikon. Hasil lebih lanjut menunjukkan bahwa sense of community berpengaruh terhadap aktifitas saling berbagi pengetahuan (co-consumption dan co-production) diantara anggota komunitas Nikon. Pengaruh tersebut akan melemah bilamana tingkat individualisme anggota tinggi dibandingkan rendah. Implikasi akademis dan manajerial akan didiskusikan lebih lanjut dalam artikel ini.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: kualitas informasi, kualitas sistem, sense of community, individualisme, berbagi pengetahuan, dan komunitas Nikon
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT51-65 Human settlements. Communities
Divisions: Artikel Ilmiah
04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Sukoco, Badri Munirbadri@feb.unair.ac.id
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 30 May 2016 07:45
Last Modified: 30 May 2016 07:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30747
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item