Efektifitas Orientasi Organisasi dalam Mendorong dan Didorong Pasar terhadap Proses Pembelajaran dan Inovatifitas Supplier Grup Astra

Sukoco, Badri Munir and Gunawan, Sri (2014) Efektifitas Orientasi Organisasi dalam Mendorong dan Didorong Pasar terhadap Proses Pembelajaran dan Inovatifitas Supplier Grup Astra. In: Forum Manajemen Indonesia 6 " ENTREPRENEURIAL MANAGEMENT, 12-14 November 2014, Medan.

[img] Text (PROSIDING)
24_Badri_Prosidin FMI 6.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (Peer Review)
peer review_Badri_reviewer024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB) | Request a copy

Abstract

Industri otomotif Indonesia menunjukkan bahwa peranan supplier lokal sangat krusial dalam menunjang kinerja produsen (buyer), terutama bila dikaitkan dengan insentif pajak yang diberikan oleh pemerintah. Sangat penting bagi supplier Grup Astra untuk mengimbangi tuntutan produsen maupun tren yang ada di pasar, mengingat tolok ukur keberhasilan pembinaan yang mereka lakukan adalah ketika supplier saat ini dapat men-supply produsen otomotif lainnya. Hal inilah yang menjadikan proses pembelajaran yang dilakukan – absorptive capacity – berperan penting dalam mendorong inovatifitas mereka. Proses pembelajaran tergantung dari orientasi terhadap pasar yang dimiliki, yakni didorong (market driven) atau mendorong pasar (market driving). Guna menguji model yang dibangun, peneliti mendistribusikan kuesioner terhadap firsttier supplier Grup Astra di Pulau Jawa. Hasil analisa menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang pertama, akuisisi, market driven dan market driving berperan sangat krusial. Terkait proses kedua, asimilasi, hanya market driving yang berpengaruh. Sedangkan proses ketiga, eksploitasi, market driven lebih signifikan. Dari ketiga proses pembelajaran, eksploitasi adalah proses yang paling signifikan untuk berkontribusi terhadap inovatifitas supplier. Implikasi manajerial dan akademis lebih lanjut didiskusikan didalam tulisan ini.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: market driven, market driving, absorptive capacity, inovatifitas, dan supplier Astra
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: Artikel Ilmiah
04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Sukoco, Badri Munirbadri@feb.unair.ac.id
Gunawan, SriUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 31 May 2016 07:32
Last Modified: 05 Jun 2017 18:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30754
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item