ALIH FUNGSI BEKAS TANAH KAS DESA UNTUK FASILITAS PENDIDIKAN

CHAIRANI PREMANJA, 031324253033 (2016) ALIH FUNGSI BEKAS TANAH KAS DESA UNTUK FASILITAS PENDIDIKAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR BACAAN)
DAFTAR BACAAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tesis ini berjudul “Alih Fungsi Bekas Tanah Kas Desa Untuk Fasilitas Pendidikan”, dengan 2 (dua) Pokok permasalahan yaitu: (1) Mekanisme perubahan dari bekas tanah kas desa menjadi fasilitas pendidikan. (2) Ganti rugi tanah dengan adanya perubahan bekas tanah kas desa menjadi fasilitas pendidikan. Penelitian ini adalah jenis penelitian hukum yaitu penelitian yang didasarkan pada isu hukum. Disamping itu penelitian ini menggunakan pendekatan perundangundangan, pendekatan kasus dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian dari tesis ini menunjukkan bahwa; (1) Untuk dapat menggunakan bekas tanah kas desa yang berada di Kelurahan Mrican yang berupa tanah sawah dapat dilakukan mengalihkan fungsi bekas tanah kas desa sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 81/Permentan/OT.140/8/2013 tentang Pedoman Teknis Tata Cara Alih Fungsi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan dan Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah. Bekas tanah kas desa yang berupa tanah pertanian tersebut dialihfungsikan terlebih dahulu menjadi tanah non pertanian. Tata cara dan persyaratan alih fungsi tersebut di atur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 81/Permentan/OT.140/8/2013 tentang Pedoman Teknis Tata Cara Alih Fungsi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. Prosedur dari alih fungsi tanah pertanian terkendala akibat penggantian tanah yang diberi oleh pemerintah kota. Pihak pemerintah kota memberikan penggantian tanah yang sama tetapi beberapa bidang tanah tidak berada pada Kelurahan Mrican serta proses apa yang akan digunakan antara pihak Pemerintah Kota dengan Pihak Universitas Brawijaya.. (2) Berdasarkan pasal 36 Undang- Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum, bekas tanah kas desa yang telah menjadi milik Pemerintah Kota dapat dilepaskan untuk tujuan fasilitas pendidikan dengan cara penggantian uang ganti rugi. Penggantian Ganti rugi yang diberikan berupa uang oleh pihak Universitas Brawijaya kepada Pemerintah Kota Kediri, belum kunjung selesai akibat penetapan nilai uang ganti rugi yang didasarkan NJOP belum disepakati oleh Universitas Brawijaya dan Pemerintah Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK.50/16 Pre a
Uncontrolled Keywords: Bekas Tanah Kas Desa, Alih Fungsi Lahan, Ganti Rugi
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7200-7218 Property
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
CHAIRANI PREMANJA, 031324253033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus Sekarmadji, Dr., S.H., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 01 Jun 2016 02:49
Last Modified: 01 Jun 2016 02:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30799
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item