PERANAN ANALISIS FARMASI MODERN DALAM PENGUJIAN MUTU DAN KEAMANAN OBAT, PANGAN, DAN KOSMETIKA

MOCHAMMAD YUWONO, Prof. (2007) PERANAN ANALISIS FARMASI MODERN DALAM PENGUJIAN MUTU DAN KEAMANAN OBAT, PANGAN, DAN KOSMETIKA. AIRLANGGA UNIVERSITY PRESS, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (PIDATO GURU BESAR)
PG.162-10 Yuw p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kimia Analisis hanyalah sebuah ilmu untuk mengenali wujud, kadar dan kemumian suatu zat kimia. Setiap zat kimia (atom dan molekul) ternyata bersifat spesifik (selalu berbeda dengan zat lainnya), dan kadarnya tidak pernah ada yang 100% murni, selalu terkandung zat pengotor (impurities). Makin sedikit kadar impurities, zat kimia itu makin mumi dan harganya semakin mahal. Jasad, sifat dan perilaku manusia bersifat unik dan spesifik (tidak pemah adayang sarna walau terhadap saudara kembar identik sekali pun). Manusia terlahir dari tingkat sud (pure), kemudian dalarn perjalanan hidupnya tidak akan luput dari impurities (godaan nafsu tercela), dan selama hidup di dunia diberi arnanah untuk mengenali Sang Maha Sud dan untuk berjalan kembali ke tingkat kesucian itu setinggi-tingginya. Seberapa besar tingkat pencapaian itu (% recovery) yang dia capai, itulah sayembara hidup, dan tolok ukur itulah menentukan kedekatan dia dengan Yang Maha Sud dan Maha Tunggal (Maha Spesifik). Senyawa polar larut ke dalarn pelarut polar. Senyawa non polar larut ke dalarn pelarut non polar (like dissolves like). Senyawa non polar tidak pernah campur dengan senyawa polar. Kehidupan di dunia adalah sebuah perjalanan. Hanya dengan kesucianlah perjalanan pengenalan kepada Sang maha Suci dapat ditempuh. Barangsiapa yang sud, dia akan kembali dan berada dalam kesudan (Surga). Hanya mereka yang percaya (iman) dan mengerti (berilmu) dan berjuangmenuju ke kesudan (amalan sholeh), merekalah yang menemukan hari raya kemenangan Iedul fitri (dari sud kembali ke suci). Yaitu, mereka yang meninggalkan (berhijrah) dari sifat-sifat tidak sud (sifat tercela) ke sifat-sifat terpuji, berkorban dan berserah diri (Tauladan N abi Ismail dan Ibrahim, Iedul Adha), serta bersatu-padu dengan sesarna dalarn barisan yang rapat (sholatJum'at, sholat jamaah). Merekalah yang akan melakukan pergerakan sejati (Tawaf) dan mereka akan menemukan hakikat Hidup sejati (Wuquf).

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 PG.162/10 Yuw p ; 615.190 1 Yuw p ; PG.162/10 Yuw p-2
Uncontrolled Keywords: Analisis Farmasi; Obat; Pangan; Kosmetik
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3625-3649 Food. Drugs. Cosmetics
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Pidato Guru Besar
Creators:
CreatorsNIM
MOCHAMMAD YUWONO, Prof.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:19
Last Modified: 11 May 2018 00:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30817
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item