PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA VENDOR DENGAN PENDEKATAN VENDOR PERFROMANCE INDICATOR (VPI) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA CV. APAISER PASURUAN

VICKO SECONDRIAN RACHMAN, 041211233005 (2016) PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA VENDOR DENGAN PENDEKATAN VENDOR PERFROMANCE INDICATOR (VPI) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA CV. APAISER PASURUAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
10. BAB I PENDAHULUAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
11. BAB II TINJAUAN PUASTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
13. BAB IV PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
14. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini persaingan di dunia bisnis menjadi semakin ketat, termasuk persaingan bisnis properti khususnya hotel dan apartemen. Menyikapi fenomena seperti ini, lingkungan internal dalam kegiatan bisnis perusahaan sangat penting untuk diperhatikan. Evaluasi vendor menjadi salah satu faktor penting karena merupakan salah satu strategi perusahaan untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain dalam hal kepuasan konsumen dan juga meningkatkan atau mempertahankan service level perusahaan tersebut dalam memenuhi permintaan konsumen. CV. Apaiser Pasuruan merupakan pabrik dari Apaiser Australia yang berlokasi di Pasuruan yang dimulai dengan penandatangan kontrak pada 2009. Dalam pengukuran kinerja vendor CV. Apaiser Pasuruan menggunakan pengukuran kinerja secara manual dan belum terintegrasi dengan menggunakan metode. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengukuran kinerja dengan pendekatan Vendor Performance Indicator (VPI) yang berkerangka Quality, Cost, Delivery, Flexibility, dan Responsiveness (QCDFR), karena dalam jurnalnya (CC Li, YP Fun, dan JS Hung, 1997) menyatakan bahwa kelima kriteria tersebut dapat mewakili semua kebutuhan perusahaan terhadap vendor. Kriteria-kriteria ini juga dapat diaplikasikan pada berbagai macam tingkatan perusahaan mulai kecil, menengah, hingga tingkatan perusahaan yang lebih besar. Untuk mengetahui skala prioritas setiap Key Performance Indicator (KPI) perlu digunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk pembobotannya dan diolah dengan menggnakan software Expert Choice 2000. Data peneltian ini diperoleh dengan wawancara dan memberikan kuesioner kepada petinggi perusahaan. Setelah dilakukan pembobotan pada setiap kriteria dan sub kriteria diperoleh hasil bobot prioritas tertinggi ada pada kriteria quality (kualitas) dengan bobot sebesar 0,460. Hal ini disebabkan karena vendor pada CV. Apaiser Pasuruan memiliki peran penting dalam memberikan kualitas yang terbaik dalam kinerjanya, untuk itu perlu adanya kemampuan vendor dalam menyediakan bahan baku dengan standard kualitas dan spesifikasi yang telah ditetapkan dalam kontrak, kemampuan vendor dalam pelaksanaan perawatan secara berkala, repair, pergantian bahan baku sesuai dengan kualitas yang telah ditetapkan dalam kontrak, dan memberikan kualitas bahan baku sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dalam kontrak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.160/16 Rac p
Uncontrolled Keywords: Pengukuran Kinerja, Key Performance Indicator (KPI), Vendor Performance Indicator (VPI), Analytical Hierarchy Process (AHP)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
VICKO SECONDRIAN RACHMAN, 041211233005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYetty Dwi Lestari, SE.,MTUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 01 Jun 2016 05:40
Last Modified: 01 Jun 2016 05:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30827
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item