KOMPETENSI SOFT SKILL APARAT PADA PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN)DALAM PERSPEKTIF NEW PUBLIC SERVICE DI SURABAYA

ERNA SETIJANINGRUM, 090970602 (2016) KOMPETENSI SOFT SKILL APARAT PADA PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN)DALAM PERSPEKTIF NEW PUBLIC SERVICE DI SURABAYA. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
15. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BABA 2 TINJAUAN PUSTAKA)
16. BABA 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
17. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4. ANALISIS PENELITIAN)
18. BAB 4. ANALISIS PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5. INTERPRETASI DATA)
19. BAB 5. INTERPRETASI DATA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6. KESIMPULAN DAN SARAN)
20. BAB 6. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
21. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN 1. PROFIL APARAT KECAMATAN DI SURABAYA)
22. LAMPIRAN 1. PROFIL APARAT KECAMATAN DI SURABAYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah perspektif New Public Service menjadi dasar dalam proses pelayanan publik di Kecamatan PATEN di Surabaya, dan untuk mengetahui bagaimanakah soft skill competency diperlukan oleh aparat yang berorientasi berperspektif New Public Service. Permasalahan penelitian ini karena adanya keluhan masyarakat tentang pelayanan publik di kecamatan PATEN yang dimuat di situs resmi surabaya, laporan Ombudsman, dan KPP Jawa Timur. Semua permasalahan tersebut terkait erat dengan kompetensi soft skill aparat kecamatan.Semua laporan permasalahan pelayanan publik tersebut terjadi pada saat pemerintah sedang mulai merespon perspketif baru dalam pelayanan publik, yaitu New Public Service. New Public service berupaya mengubah mindset aparat dalam menempatkan masyarakat pada proses pelayanan publik. Berbeda dengan perspektif Old Public Administration yang menempatkan masyarakat sebagai “client” yang lemah, New Public Management menempatkan masyarakat sebagai “customer” yang diistimewakan, maka New Public service menempatkan masyarakat sebagai “citizen” yang memiliki persamaan hak tanpa dibeda-bedakan dalam proses pelayanan publik. Teori yang digunakan sebagai dasar untuk menjawab pertanyaan pada penelitian ini adalah : (1) prinsip – prinsip New Public Service dari Janet V. Denhardt and Robert B. Denhardt, (2) soft skill yang meliputi intrapersonal skill dan interpersonal skill dari Dennis E. Coates dan Gabriele Peter Kuhlinger, dan Emotional Intelligence yang terdiri dari self awareness, self management, social awareness dan relationship management dari Daniel Goleman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penentuan informan secara purposive sampling. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan data sekunder. Analisis data menggunakan 3 alur dari Miles dan Hiberman (reduksi data, penyajian data, dan verifikasi / kesimpulan). Lokasi penelitian berada di kecamatan Tegalsari, Semampir, Sawahan, Sukomanunggal, dan Tambaksari Kesimpulan penelitian ini adalah : pertama, perspektif New Public Service belum diaplikasikan dalam proses pelayanan di kecamatan PATEN, terlihat dari belum diterapkannya semua prinsip-prinsip New Public Service. Kedua ; untuk mengoptimalkan pelaksanaan prinsip-prinsip New Public Service diperlukan soft skill competency berupa intrapersonal skill dalam bentuk self awareness (berpikiran positif) dan self management (mengontrol emosi, dan meningkatkan kesabaran), serta interpersonal skill dalam bentuk social awareness (bersikap santun dan ramah) dan relationship management (berkomunikasi dengan baik). Implikasi teori dari penelitian ini ialah penerapan perspektif New Public Service dalam proses pelayanan di kecamatan PATEN memerlukan “elaborasi” dengan teori soft skill copetency. Hal ini dikarenakan New Public Service memerlukan perubahan “mindset” aparat dan mensyaratkan interaksi yang humanis antara aparat dan masyarakat. Sedangkan saran yang dikemukakan dalam penelitian ini yaitu diperlukan pengembangan soft skill competency bagi aparat kecamatan penyelenggara PATEN, terutama aparat yang bertugas di bagian pelayanan / front office.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 DIS.PSDM.02/16 Set k
Uncontrolled Keywords: New Public Service, Soft skill competency, aparat kecamatan, pelayanan publik, kecamatan PATEN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > PSDM
Creators:
CreatorsEmail
ERNA SETIJANINGRUM, 090970602UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKacung Marijan, Prof.H., Drs,MA, Ph.DUNSPECIFIED
ContributorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 02 Jun 2016 00:47
Last Modified: 07 Aug 2017 23:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30848
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item