Pemberdayaan Produk Ukm ( Studi Deskriptif Tentang Upaya Pemberdayaan Produk Ukm Melalui Program Sertifikasi Hak Paten Merek / Legalitas Brand Yang Dilakukan Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Kota Surabaya Untuk Menghadapi Era – Afta 2015 )

Cahyo Ariosanjoto (2015) Pemberdayaan Produk Ukm ( Studi Deskriptif Tentang Upaya Pemberdayaan Produk Ukm Melalui Program Sertifikasi Hak Paten Merek / Legalitas Brand Yang Dilakukan Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Kota Surabaya Untuk Menghadapi Era – Afta 2015 ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (567kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (413kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (574kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II GAMBARAN DAN KAJIAN UMUM OBYEK PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 3 April 2023.

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III PENYAJIAN, ANALISIS DATA, DAN INTERPRETASI TEORITIK.pdf
Restricted to Registered users only until 3 April 2023.

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 3 April 2023.

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 3 April 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara maupun di daerah. Peran penting tersebut telah mendorong banyak negara termasuk Indonesia untuk terus berupaya mengembangkan UKM. Pemberdayaan adalah tugas yang menjadi tanggung jawab pemerintah. Pemberdayaan UKM dilakukan untuk mengangkat serta memberi dukungan kepada pelaku UKM secara nyata agar mereka memiliki kemampuan untuk mengaktualisasi potensi-nya.UKM bisa dikatakan pilar penting dalam perekonomian di Indonesia. Untuk menghadapi era-AFTA yang merupakan akronim dari ASEAN Free Trade Area sejatinya merupakan kesepakatan dari negara - negara di asean untuk membentuk sebuah kawasan bebas perdagangan. Tujuannya agar bisa meningkatkan daya saing ekonomi kawasan ASEAN di dunia. tentu sangat berbahaya apabila membiarkan para pelaku bisnis ASEAN ( Association Of South East Asian Nations ) masuk begitu saja dan menghantam pelaku bisnis dalam negeri. Para pelaku UKM yang belum memiliki modal dan kekuatan bisnis yang kuat akan kesulitan menghadapi persaingan global ini. Dunia ekonomi internasional, salah satunya AFTA mengakui tentang pentingnya UKM dalam pembangunan ekonomi negara-negara yang sudah maju dan semakin besar perannya bagi negara-negara berkembang. Peran UKM di ASEAN dalam bidang ekonomi juga dinilai sangat besar. Dalam masyarakat ekonomi ASEAN 2015 perhatian terhadap UKM pasti akan semakin besar. Perlindungan hak paten merek bagi produk Usaha Kecil Menengah menjadi hal penting untuk dapat tetap bersaing dalam era-AFTA, yang kemudian diwujudkan dengan kegiatan fasilitasi perolehan hak merek oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya. Kegiatan fasilitasi perolehan hak paten merek ini merupakan realisasi dari program kerja. Upaya proteksi merek sudah dijalankan Disperdagin Kota Surabaya. Keuntungan para pemegang sertifikat merek adalah mereka dapat memperkarakan bilamana ada pihak lain yang berupaya menjiplak atau meniru hasil produknya. Dengan berdasarkan permasalahan penelitian tersebut, digunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan secara purposive,. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data melalui triangulasi sumber dan teori sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil temuan data menunjukkan bahwa program tersebut belum bisa dikatakan sempurna karena masih ada beberapa kekurangan serta kelemahan pada program kemudahan Sertifikasi Produk UKM di Kota Surabaya, diantaranya, masih minim sosialisasi tentang program tersebut, media informasi yang masih kurang inovatif untuk memberikan pemahaman program terhadap para pelaku UKM di Kota Surabaya, waktu penyerahan hak merek produk UKM dari proses pengajuan yang masih terlalu lama. Masih banyak hal yang harus diperbaiki oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya dalam pelaksanaan Program Sertifikasi Hak Paten Merek / Legalitas Brand untuk produk – produk UKM yang ada di Kota Surabaya agar siap menghadapi era – AFTA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.17/16 Ari p
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan UKM, Sertifikasi Produk UKM, Program Sertifikasi Hak Paten Merek Produk UKM
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2340.8-2346.5 Small and medium-sized businesses, artisans,handicrafts, trades
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Cahyo AriosanjotoNIM071111049
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBintoro WardiyantoNIDN0024126104
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 02 Jun 2016 05:51
Last Modified: 03 Apr 2020 03:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30852
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item