PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER DALAM AKTIVITAS RELATIONSHIP BUILDING PADA BISNIS RESTORAN DI INDONESIA

DANIEL NOVERYAN MARANTIKA, 040912129 (2013) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER DALAM AKTIVITAS RELATIONSHIP BUILDING PADA BISNIS RESTORAN DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-marantikad-28938-5.abstr-k.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagai social media yang mempunyai pengguna terbanyak di dunia setelah Facebook, Twitter menjadi media baru untuk berbagi informasi mengenai berbagai macam topik, atau hanya sekedar berbincang-bincang. Seiring dengan perkembangannya, Twitter juga mulai digunakan oleh bisnis sebagai alternatif media komunikasi pemasaran, mulai dari usaha kecil dan menengah sampai perusahaan multinasional. Salah satu jenis bisnis yang menggunakan Twitter adalah bisnis restoran. Penelitian ini meneliti bagaimana bisnis restoran di kotakota besar di Indonesia menggunakan Twitter untuk melakukan aktivitas relationship building dengan konsumennya. Metode yang digunakan adalah online observation yang kemudian dianalisa lebih lanjut dengan content analysis. Kemudian dilakukan pula in-depth interview untuk memperkuat dan memperdalam hasil temuan online observation. Metode ini dipilih dengan tujuan untuk mendapatkan insight para responden mengenai proses relationship building dengan konsumennya di Twitter. Hasil pertama dari penelitian ini adalah, dari dua jenis hubungan yang bisa dibangun, yakni exchange dan communal relationship, mayoritas responden berfokus pada membangun exchange relationship. Hal ini dikonfirmasi dengan hasil in-depth interview yang menemukan mayoritas responden menggunakan Twitter untuk tujuan transaksional. Temuan kedua,motivasi responden dalam menggunakan Twitter adalah untuk meningkatkan brand awareness dan customer engagement. Temuan ketiga, format tweet yang efektif dalam meraih respon dari pengguna Twitter adalah tweet dengan executional framework tipe informasional, walau tipe testimonial juga selalu digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 274/13 Mar p
Uncontrolled Keywords: SOCIAL MEDIA; RESTAURANTS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DANIEL NOVERYAN MARANTIKA, 040912129UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSony Kusumasondjaja, ,SE., MCom., PhD.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 19 Dec 2013 12:00
Last Modified: 04 Aug 2016 03:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3089
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item