DAMPAK CHAIN MINIMARKET TERHADAP EKSISTENSI PEDAGANG MRACANG MUSLIM PERSPEKTIF KONSEP PASAR ISLAM DI KECAMATAN KEBOMAS GRESIK

DINIAR MUFRIHATUL FAZZA, 04091096 (2013) DAMPAK CHAIN MINIMARKET TERHADAP EKSISTENSI PEDAGANG MRACANG MUSLIM PERSPEKTIF KONSEP PASAR ISLAM DI KECAMATAN KEBOMAS GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-fazzadinia-33449-6.-abstr-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (fulltext)
3115.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak munculnya chain minimarket terhadap pedagang mracang muslim yang ada di kecamatan Kebomas Gresik. Hal tersebut yang menjadi dasar pertanyaan wawancara untuk menjelaskan dampak munculnya chain minimarket bagi eksistensi pedagang mracang muslim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung kepada obyek penelitian. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan analisis kualitatif eksplanatoris dengan menjelaskan hasil-hasil wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minimarket berantai menimbulkan dampak bagi pedagang kecil atau mracang yaitu omset serta laba yang menurun karena barang dagangan yang tidak terjual. Keberadaan pedagang besar seperti minimarket tidak dapat melindungi keberadaan pedagang kecil karena sistem usaha yang hampir bersifat monopoli dapat mengalahkan usaha para pedagang kecil. Hal ini menyebabkan eksistensi pedagang kecil menurun. Adanya minimarket seharusnya saling membawa keuntungan bagi pedagang kecil, sementara praktik bisnis yang dilakukan minimarket bertentangan dengan konsep pasar Islam yaitu untuk saling tolong menolong. Sehingga minimarket berantai dapat dikatakan tidak Islami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB. EI. 09/14 Faz d
Uncontrolled Keywords: TRADITIONAL MARKETS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DINIAR MUFRIHATUL FAZZA, 04091096UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMuhammad Nafik Hadi R, Dra.,S.E.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 04 Mar 2014 12:00
Last Modified: 08 Jun 2017 16:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3115
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item