PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS DARI PELANGGAN MUSLIM TERHADAP ORIENTASI BELANJA DAN PERILAKU BERLANGGANAN YANG DIMODERASI OLEH CITRA TOKO DI SUPERMARKET SAKINAH SURABAYA

ULFA FADILATUL ULA, 04101039 (2014) PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS DARI PELANGGAN MUSLIM TERHADAP ORIENTASI BELANJA DAN PERILAKU BERLANGGANAN YANG DIMODERASI OLEH CITRA TOKO DI SUPERMARKET SAKINAH SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSRTAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-ulaulfafad-33587-7.-abstr-k.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
15.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat religiusitas pelanggan muslim terhadap orientasi belanja dan perilaku berlangganan yang dimoderasi oleh citra toko di Supermarket Sakinah, Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis PLS (Partial Least Square). Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 40 pelanggan muslim yang pernah melakukan transaksi pembelian minimal dua kali terhadap produk-produk yang ditawarkan oleh Supermarket Sakinah dalam waktu tiga bulan terakhir ini. Adapun metode sampling yang digunakan adalah accidental sampling dan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat religiusitas secara signifikan berpengaruh terhadap orientasi belanja pelanggan muslim. Hasil lainnya menunjukkan bahwa citra toko Supermarket Sakinah secara signifikan memperkuat pengaruh orientasi belanja terhadap perilaku berlangganan konsumen muslim. Kemudian, tingkat religiusitas pelanggan muslim secara signifikan berpengaruh terhadap perilaku berlangganan. Saran bagi pihak pemasar Supermarket Sakinah di Surabaya hendaknya meningkatkan citra toko Islam, seperti prinsip 3S (senyum, salam, sapa) kepada setiap pelanggan yang berbelanja, pengaturan antrian kasir agar tidak terjadi ikhtilath, dan penambahan dekorasi dan ornamen kaligrafi. Selain itu, Supermarket Sakinah dapat membuat kartu membership dan poster atau baliho mengenai produk yang sedang diskon atau promo untuk meningkatkan pelanggan.Untuk penelitian selanjutnya, dapat membandingkan perilaku berlangganan Muslim dan Non-Muslim, dapat juga menambahkan variabel gaya hidup atau motivasi belanja dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB. EI. 16/14 Ula p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc > HS1-3371 Societies: secret, benevolent, etc. > HS1501-2460.7 Other societies. By classes > HS1525-1560 Religious societies
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
ULFA FADILATUL ULA, 04101039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRirin Tri Ratnasari, SE.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 06 Mar 2014 12:00
Last Modified: 16 Sep 2016 03:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3132
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item